Light Dark

Kami Rita Cetak Rekor 25 Kali Mendaki Gunung Everest

Internasional | 10 May 2021, 10:00 WIB
Kami Rita, menjadi orang pertama di dunia yang berhasil mendaki Gunung Everest sebanyak 25 kali | hindustantimes.com

SUKABUMIUPDATE.com - Kami Rita (51 tahun), seorang pemandu Sherpa, menjadi orang pertama di dunia yang pertama kali mendaki Gunung Everest sebanyak 25 kali sepanjang karirnya.

Sherpa adalah sebutan bagi seorang pemandu yang berasal dari suku asli Pegunungan Himalaya, bertugas membantu dan memandu para pendaki saat mendaki Gunung Everest. 

photoKami Rita - (NDTV)

Kami Rita adalah seorang Sherpa, yang tinggal di Pegunungan Himalaya yang tingginya mencapai 2.000 sampai 5.000 meter di atas permukaan laut.

Mengutip dari New York Post, pejabat Pariwisata Nepal mengatakan, Kami Rita bersama 11 Sherpa lainnya telah melakukan pendakian pada Jumat (7/5/2021) pukul 19.00 sore. 

Baca Juga :

Kelompok ini juga menjadi yang pertama mencapai puncak Gunung Everest pada tahun 2011 silam, mereka pada saat itu mendaki untuk memperbaiki tali rute untuk para pendaki.

Rita kali pertama mendaki gunung tertinggi di dunia itu pada tahun 1944, waktu itu Ayahnya adalah seorang pemandu Sherpa yang pertama.

photoSuasana pendakian di Gunung Everest - (hindustantimes.com)

Gunung Everest membentang dari perbatasan China-Nepal. Namun, kini akses ke gunung ditutup pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

Nepal hanya memberi izin pendakian kepada 408 orang asing sepanjang tahun 2021. Pemerintah China pun hanya mengizinkan beberapa pendaki dengan syarat menjaga protokol kesehatan saat melakukan pendakian.

Bagi pendaki, bulan Mei merupakan saat terbaik untuk mendaki. Orang Sherpa selalu mendampingi dan memberikan berbagai nasehat kepada para pendaki yang mencoba mencapai puncak Gunung terbesar di planet Bumi tersebut. 

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur