Polisi Sebut Teroris yang Ditangkap di Sukabumi Mau Ledakan Sesuatu di Ciampea

Jumat 07 Mei 2021, 16:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Detasemen Khusus 88 Antiteror Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Densus 88 Antiteror Polri menangkap satu terduga teroris di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 6 Mei 2021 berinisial YI. YI telah masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO.

Dikutip dari keterangan di akun Instagram Divisi Hubungan Masyarakat Polri, YI turut terlibat dalam sejumlah perencanaan aksi bom yang dibuat di rumah tersangka teroris lain berinisial HH yang ditangkap di Condet, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

"Dalam hal ini, mereka bersekongkol dan sempat melakukan percobaan bom di wilayah Ciampea, Bogor, Jawa Barat," tulisnya pada Jumat, 7 Mei 2021.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan mengatakan penangkapan tersebut dilakukan Densus 88 Polri yang masuk dalam Satuan Tugas Wilayah DKI Jakarta. "Penangkapan DPO (Daftar Pencarian Orang) oleh Satgaswil DKI Jakarta atas nama YI," katanya.

Baca Juga :

Densus 88 Antiteror Polri sebelumnya menangkap HH alias Husein Hasni di Condet, Jakarta Timur pada Senin, 29 Maret 2021. Di saat bersamaan, ditangkap juga tiga terduga teroris lainnya yang berinisial ZA (37 tahun), BS (43 tahun), dan AJ (46 tahun) di Desa Sukasari, Cibarusah, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Dari dua lokasi penangkapan terduga teroris itu Densus 88 Antiteror Polri berhasil mengamankan lima bom aktif. Bom tersebut menggunakan bahan dasar peledak TATP (triaceton triperoxide) atau biasa dikenal dengan nama The Mother of Satan.

Selain itu, Densus 88 Antiteror Polri juga turut mengamankan sejumlah atribut Front Pembela Islam atau FPI. Salah satunya adalah kartu identitas Wakil Ketua Bidang Jihad FPI atas nama Husein Hasni.

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran ketika itu menyebut Husein memiliki peran yang penting. Salah satunya menjadi donatur perakitan bom terhadap tiga terduga teroris yang ditangkap di Desa Sukasari, Cibarusah, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Dia yang merencanakan mengatur taktis dan teknis bersama ZA. Hadir dalam beberapa pertemuan untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan amaliah ini. Membiayai dan mengirimkan video tentang teknis pembuatan kepada tiga tersangka lainnya," ungkap Fadil dalam jumpa pers di Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jakarta, Senin, 29 Maret 2021.

Terkait penangkapan ini, Kepala Desa Cimerang Nyanyang Resmana mengatakan berdasarkan informasi yang ia terima, penangkapan dilakukan pada Kamis, 6 Mei 2021 sekira pukul 09.00 WIB.

"Yang bersangkutan bukan warga Cimerang, tapi warga Jakarta. Hanya bertamu," kata Nyanyang saat dikonfirmasi sukabumiupdate.com, Jumat, 7 Mei 2021.

Dari informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, YI alias Jerry datang ke Cimerang untuk menemui beberapa orang pintar, meminta pertolongan agar ia tak ditangkap polisi. "Yang bersangkutan mendatangi tiga orang. Lokasi pertama empat jam, tempat kedua 10 jam, dan di tempat terakhir satu malam. Cari orang pintar untuk menutupi masalah dia," ujar Nyanyang.

Lebih lanjut Nyanyang menegaskan tidak ada warga yang mengetahui bahwa YI adalah DPO terorisme yang sedang diburu Densus 88. "Alhamdulillah warga Cimerang tidak ada yang terlibat," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)