Light Dark

Pembentukan Panitia Musda KNPI Kabupaten Sukabumi Disoal, Apa yang Terjadi?

Sukabumi | 06 May 2021, 17:22 WIB
Pembentukan panitia Musda ke-XV KNPI Kabupaten Sukabumi dipertanyakan. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pembentukan panitia Musyawarah Daerah ke-XV Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia atau Musda ke-XV DPD KNPI Kabupaten Sukabumi disoal salah satu pengurusnya, Dewex Sapta Anugrah.

Dewex mengatakan pembentukan struktur panitia Musda ke-XV DPD KNPI Kabupaten Sukabumi tersebut tidak melalui forum musyawarah. Mantan Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia atau GMNI Cabang Sukabumi itu menilai proses rapat pembentukan struktur panitia Musda ke-XV tidak lakukan secara terbuka.

"Tidak adanya informasi yang di terima oleh pengurus DPD KNPI Kabupaten Sukabumi," kata Dewex kepada sukabumiupdate.com dalam keterangan tertulis, Kamis, 6 Mei 2021.

Dewex berujar pembentukan struktur panitia Musda ke-XV DPD KNPI Kabupaten Sukabumi hanya dihadiri sebagian pengurus yang diduga telah terkondisikan melalui grup WhatsApp. Rapat pembentukan struktur panitia Musda ke-XV ini, kata Dewex, tidak diketahui pengurus yang lain.

"Saya mengkhawatirkan proses musyawarah dalam penyusunan kepengurusan ini tidak sesuai prinsip demokrasi Indonesia. Padahal kita tahu Musda KNPI Kabupaten Sukabumi merupakan momentum konsolidasi kaum muda yang tersebar melalui Organisasi Kemasyarakat Pemuda atau OKP yang berhimpun di KNPI," bebernya.

Baca Juga :

Dewex mengaku informasi tersebut ia peroleh dari salah satu orang yang hadir dalam rapat pembentukan panitia Musda ke-XV. "Saya mengetahui itu dilaksanakan karena adanya jejak foto yang dipasang di status WhatsApp-nya," kata dia.

Dewex juga mengaku telah menyampaikan persoalan ini secara langsung di grup WhatsApp DPD KNPI Kabupaten Sukabumi. Namun, sambung Dewex, respons Steering Committee atau SC dan Organizing Committee atau OC yang telah disepakati tersebut tidak sesuai harapannya.

"Kita ketahui bersama pelaksanaan Musda ini sangat dikejar waktu, mengingat masa habis jabatan kepengurusan saat ini sampai bulan Mei. Sehingga perlu kerja ekstra untuk mensukseskan Musda tersebut," ujarnya.

Dikonfirmasi sukabumiupdate.com, Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi Reggy Afriansyah mengatakan pembentukan SC dan OC Musda ke-XV telah dilakukan melalui mekanisme rapat pleno DPD KNPI Kabupaten Sukabumi tanggal 29 April 2021.

"Dihadiri lebih dari 50 persen pengurus DPD dan disepakati Ketua OC Kang Ayi Surahman, SC Deni Nurdeni," katanya. Reggy menyebut seluruh pengurus diundang untuk hadir di rapat pleno tanggal 29 April.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur