Light Dark

Usai Jajan Es Cendol, 34 Warga Cileungsir Sukabumi Keracunan, 3 Dirujuk?

Sukabumi | 05 May 2021, 20:30 WIB
Petugas gabungan cek kondisi korban keracunan di Cileungsir Jampangtengah Sukabumi, para korban mengalami gejala usai mengkonsumsi es cendol untuk buka puasa | BPBD Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sukabumi melaporkan perkembangan terkini dari keracunan massal warga Kampung Cileungsir RT 42/10 Desa Sindangresmi Kecamatan Jampangtengah, Rabu (5/5/2021). Laporan sementara 34 warga mengalami gejala keracunan usai menyantap es cendol untuk berbuka puasa, tiga diantaranya sudah dirujuk ke puskesmas terdekat.

Kepala Plt BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani menerangkan bahwa saat ini tim gabungan dari forkompimcam, medis, dan relawan sudah berada di lokasi. Laporan sementara ada 34 warga yang mengalami mual, muntah dan mencret usai menyantap jajanan es cendol untuk berbuka puasa.

Baca Juga :

Dari daftar korban yang dibagikan Anita, ada yang berusia 6 tahun, remaja, dewasa hingga lansia. "Info sementara ada tiga warga yang dirujuk ke puskesmas karena kondisi kesehatannya drop," tulis Anita kepada awak media di grup whatsapp.

Dalam laporan tersebut dijelaskan juga para korban mengaku mengalami gejala keracunan, tak lama setelah menyantap minuman buka puasa berupa es cendol yang dibeli dari pedagang keliling.

photoLansia di Cileungsir Sukabumi yang mengalami gejala keracunan usai menyantap es cendol saat berbuka puasa - (BPBD Kabupaten Sukabumi)

"Saat ini ambulance di lokasi ada 2 dan 8 dalam perjalanan dari komunitas plus satu kendaraan trc BPBD sudah di lokasi. Semua korban masih masih dalam penanganan. Info sementara kasus serupa juga dilaporkan di kampung Cigolenang," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, BPBD Sukabumi melaporkan dugaan keracunan massal di Kampung Cileungsir RT 42/10 Desa Sindangresmi Kecamatan Jampangtengah.  Informasi ini didapatkan dari Plt Kepala BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani dari P2BK Jampangtengah.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur