Light Dark

Twitter Rilis Fitur Baru 'Spaces' untuk Saingi Clubhouse

Aplikasi | 04 May 2021, 21:58 WIB
Tampilan fitur Spaces di Twitter | glints.com

SUKABUMIUPDATE.com - Platform sosial media Twitter akan memperkenalkan sebuah fitur baru yang memungkinkan para penggunanya memonetize ruang obrolan audio langsung dalam fitur 'Spaces'. 

Twitter memperkenalkan 'Spaces' untuk bersaing dengan Clubhouse, sebuah aplikasi yang sedang tren melalui fitur obrolan audio, aplikasi ini banyak digunakan oleh para selebriti dan pengusaha.

Baca Juga :

Dilansir dari Reuters, alasan Twitter membuat fitur ini sebagai upaya perusahaan mendapatkan penghasilan dari para pembuat konten audio.

Twitter telah menguji fitur ini, dengan melibatkan sejumlah pengguna yang dapat menghosting Space mereka sendiri. 

Mulai Senin 3 Mei 2021, setiap pengguna Twitter yang mempunyai minimal 600 pengikut dapat menjadi tuan rumah atau Host bagi spaces mereka.

photoTwitter vs Clubhouse - (transistor.fm)

Bahkan menurut Twitter, beberapa Host nantinya dapat menjual tiket online untuk dapat mengakses sejumlah room premium hingga menentukan harga tiket tersebut. 

Dari fitur spaces tersebut, Host akan mendapatkan sebagian besar pendapatannya. 

Langkah ini menjadi salah satu upaya Twitter ikut bermain menjadi wadah para pembuat konten atau content creator yang sedang berkembang di era saat ini. 

Bahkan pada bulan lalu, platform sosial media lainnya yakni Facebook telah mengumumkan tentang rencana mereka untuk menyediakan fitur obrolan audio yang memungkinkan pendengar dapat memberi tip kepada Host.

Jadi, di masa depan setiap pembuat konten tidak lagi tergantung pada platform YouTube untuk mendapatkan uang dari kemampuannya membuat konten.

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur