Light Dark

Ngabuburit Menikmati Batu Karang nan Indah di Pantai Taman Pandan Sukabumi

Travel | 18 Apr 2021, 07:00 WIB
Suasana Pantai Taman Pandan Sukabumi yang cocok dijadikan tempat ngabuburit. | Sukabumiupdate.com/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ada satu tempat yang wajib kamu coba sebagai lokasi Ngabuburit di bulan suci Ramadhan: Pantai Taman Pandan. Terletak di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, tempat ini memiliki lanskap batu karang nan indah.

Pantai Taman Pandan merupakan bagian dari pesisir Selatan Sukabumi yang di sebelah Timur berbatasan langsung dengan perairan Desa Purwasedar. Sementara di Barat, lokasi ini berhadapan dengan laut Ujunggenteng.

Batu karang dan tanaman pandan menjadi daya tarik tersendiri di lokasi ini. Hal itu menjadi semakin nyaman dikunjungi karena ditambah suasana alam yang terasa masih asri.

photoPantai Taman Pandan - (Sukabumiupdate.com/Ragil Gilang)

Jika kamu ingin ke Pantai Taman Pandan dari arah Surade, cukup berjalan menuju Ujunggenteng sejauh 9 kilometer hingga nanti tiba di Kampung Cikalapa, di mana selanjutnya dari jalan aspal menuju perkebunan kelapa berjarak sekira 500 meter.

"Baru hari Jumat dan Sabtu kemarin mulai banyak pengunjung ngabuburit," kata Ketua Karang Taruna Desa Cikangkung Omay kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 17 April 2021.

Ketika menuju Pantai Taman Pandan ini, kamu akan melintasi perkebunan kelapa dan persawahan. Kendaraan roda dua dan empat pun saat ini sudah bisa digunakan hingga titik lokasi. "Untuk masuk lokasi hanya dipungut seikhlasnya untuk kebersihan," ucap Omay.

Rika Pebriyani (19 tahun), pengunjung dari Kelurahan Surade ini mengaku sering ke Pantai Taman Pandan. "Kalau selama puasa baru sekarang, lokasinya cukup nyaman. Tadi (kemarin) datang menggunakan sepeda motor sama teman-teman sekira pukul 16.30 WIB," ungkapnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur