Rusia Rayakan 60 Tahun Penerbangan Kosmonot Yuri Gagarin ke Luar Angkasa

Senin 12 April 2021, 20:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Rusia pada hari Senin 12 April 2021, baru saja merayakan 60 tahun penerbangan kosmonot pertamanya yaitu Yuri Gagarin ke luar angkasa pada tahun 1961 silam. 

Peringatan ini digelar di Engels, sebuah kota di Selatan tepi Sungai Volga, Rusia, tempat Yuri Gagarin mendarat. Sebuah tugu peringatan dibangun di tempat itu untuk menghormati penerbangan bersejarah tersebut.

Presiden Rusia, Vladimir Putin juga ikut menghadiri perayaan tersebut. Dmitry Peskov, juru bicara Istana Kremlin mengatakan, peringatan ini akan menjadi hari kebanggan nasional bagi Rusia.

Baca Juga :

Dalam sejarahnya, pada 12 April 1961 silam, pesawat ruang angkasa Vostok yang membawa Yuri Gagarin berhasil lepas landas dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan (saat itu, Kazakhstan masih bagian dari Uni Soviet, red).

Yuri Gagarin yang saat itu berusia 27 tahun, lewat mikrofon di helmnya berteriak, "Poydem!" yang artinya "Ayo Pergi!" ketika mesin roket mendorongnya naik ke ketinggian. 

Penerbangan tersebut berlangsung selama 108 menit, Yuri Gagarin melakukan perjalanan mengelilingi Bumi dari atas orbit sebelum kembali dan mendarat di Engels. Sejak saat itu, Yuri Gagarin dinobatkan menjadi legenda hidup Uni Soviet.

Uni Soviet menjadikan 12 April sebagai Hari Kosmonautika yang dirayakan setiap tahun. Kapsul Vostok yang berkarat dan tak terawat masih dipajang di Museum Kosmonautika Moskwa, Rusia, sebagai dedikasi kepada Yuri Gagarin.

Di museum itu terdapat berbagai foto dokumentasi tentang Yuri Gagarin dan sejumlah barang pribadinya saat masa kecil, sekolah, hingga menjadi seorang Kosmonot legendaris. Ada pula foto-foto dirinya saat menjalani masa pelatihan menjadi Kosmonot sebelum penerbangan.

Sejarawan Vyacheslav Klimentov mengatakan, Yuri Gagarin mungkin satu-satunya nama yang sangat dikenal oleh banyak orang Rusia, mulai dari anak-anak sampai lansia.

"Ketika Yuri Gagarin pergi ke luar angkasa, semua orang Rusia seperti terikat bersama," kata Klimentov yang juga direktur penelitian museum Kosmonautika, Rusia.

Di tahun 1960-an, Yuri Gagarin menjadi simbol dominasi Uni Soviet atas rivalitasnya di kancah ‘balapan ruang angkasa’ dengan NASA di Amerika Serikat. Empat tahun sebelumnya, Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil mengirim sebuah satelit Sputnik ke orbit Bumi.

60 tahun setelah Yuri Gagarin melakukan penerbangan bersejarah tersebut, Rusia akan mengirimkan kembali kosmonotnya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Jumat, 9 April 2021 lalu, pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, baru saja meluncur dari Kosmodrom Baikonur dengan dua Kosmonot Rusia dan satu Astronot Amerika Serikat.

Jatuh Bangun Industri Luar Angkasa Rusia

photoKosmonot Yuri Gagarin pada saat melakukan peluncuran bersejarah mengelilingi orbit Bumi pada tahun 1961 - (history.com)</span

Setelah tahun 1960-an, industri luar angkasa Rusia sempat mengalami kemunduran hebat. Para petinggi Rusia saat itu ibarat kalah telak ketika Amerika Serikat berhasil meluncurkan Apollo dan mendaratkan warganya di Bulan.

Kemunduran industri luar angkasa Rusia berlanjut sampai abad ke-21. Dibarengi dengan terungkapnya berbagai skandal korupsi dan sejumlah pembatalan lepas landas yang membahayakan misi berawak pada tahun 2018 lalu.

Satu-satunya yang masih dibanggakan dan dimiliki Rusia hanyalah Roket Soyuz. Roket inilah satu-satunya yang membuat Rusia tetap relevan dalam industri luar angkasa modern.

Rusia kehilangan inovasi dan gagal mengikuti pemain kunci. Pukulan terbesar industri luar angkasa Rusia terjadi ketika tahun 2020 kehilangan monopoli peluncuran ISS berawak.

SpaceX, perusahaan milik Elon Musk berhasil menyalip Rusia setelah mampu membuat roket yang lebih canggih dan futuristik. Roket SpaceX juga berhasil berlabuh di stasiun luar angkasa ISS.

Dalam situasi yang serba sulit terutama soal pendanaan, Roscosmos (Lembaga Antariksa Rusia, red) tetap percaya diri untuk meluncurkan proyek ambisius di masa mendatang.

Salah satunya, misi eksplorasi ke Planet Venus hingga mimpi membangun stasiun luar angkasa di Bulan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer