Light Dark

Tak Hanya Kaum Milenial, Ini Aksi Petani Generasi Alpha di Jampang Tengah Sukabumi

Sukabumi | 07 Apr 2021, 14:35 WIB
Muhamad Fahri, anak Asal Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Fahri yang merupakan generasi Alpha sudah begitu akrab dengan bidang pertanian ketika pemerintah menggencarkan program petani milenial. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jabar Ridwan Kamil memiliki program petani Milenial dengan harapan menarik minat anak muda untuk membawa perubahan pada sektor pertanian. Tapi di Sukabumi, ada Generasi alpha yang justru sudah begitu akrab dengan pertanian. Dia adalah Muhamad Fahri.

Generasi alpha merupakan anak yang lahir setelah tahun 2010. Adapun Muhamad Fahri, kini berusia 7 tahun. 

Dibawah terik matahari Selasa (6/4/2021) siang itu, kaki Fahri belepotan dengan lumpur di sawah yang sedang dibajak Petani di Desa Nangerang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. 

Bukan sekedar main di sawah, tapi Fahri yang merupakan siswa kelas 1 SDN Tipar itu juga mengoperasikan hand traktor. Bisa menggunakan hand traktor untuk anak seumurannya merupakan hal yang sangat jarang ditemukan.

Baca Juga :

Anak yang tinggal Kampung Tipar RT 014/003, Desa Nangerang, itu tahu cara mengendalikan alat pertanian karena besar di lingkungan persawahan. 

photoMuhamad Fahri, anak Asal Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi membajak sawah. Fahri yang merupakan generasi Alpha sudah begitu akrab dengan bidang pertanian ketika pemerintah menggencarkan program petani milenial. (Istimewa)

"Dia sudah mahir membajak sawah dengan menggunakan mesin hand traktor sejak usia 5 tahun.  Ini jarang sekali dilakukan oleh anak - anak seusianya," kata salah satu tetangganya, Yusuf (26 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Rabu (7/4/2021).

Menurut Yusuf, anak kedua dari pasangan suami istri Pirman (42 tahun) dengan Tati (39 tahun), itu menjadikan sawah tempat bermainnya. Ketika Petani sedang istirahat, dia pegang hand traktor ini dan menjalankannya. 

"Disaat sedang musim tanam, dia suka main ke sawah untuk melihat Petani yang sedang membajak sawah. Saat Petani sedang istirahat, lalu mesin dijalankan sama dia. Kadang dia suka maksa meminta kepada pekerja, untuk menjalankan mesin hand traktor," jelasnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur