Light Dark

5 Penyebab Orang Ekstrovert Bisa Berubah jadi Introvert

Gaya Hidup | 27 Mar 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi orang yang introvert. | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Orang Ekstrovert ternyata bisa berubah jadi introvert, biasanya kan orang Ekstrovert itu asik banget buat diajak ngobrol atau kalian pengen minta tolong apapun ke mereka juga gak bakalan kagok karena orangnya terbuka banget. Tetapi, terkadang orang Ekstrovert itu bisa juga berubah jadi Introvert lho!

Pernah gak kamu punya teman masa kecil yang karakternya tuh periang alias tipe Ekstrovert banget? Lalu setelah bertahun-tahun terpisah dan akhirnya kalian bertemu lagi, kok teman kamu itu menjadi lebih pendiam atau jadi tipe Introvert atau bahkan kalian sendiri yang mengalami kondisi seperti ini?

Ternyata, orang yang dulunya Ekstrovert bisa berubah menjadi introvert, nah berikut lima penyebabnya:

1. Sering dibully saat kecil dulu

photoIlustrasi bullying. - (Unsplash)

Nih ya Updaters, bullying itu bisa berdampak buruk terhadap kepribadian korbannya lho! Meskipun dia dasarnya waktu kecil emang periang dan ekstrovert, namun misalnya dia mengalami bullying atau pelecehan saat di sekolah atau di lingkungan bermainnya, orang tersebut bisa menjadi pendiam dan pemurung bahkan ia bisa kehilangan percaya diri.

2. Mendapatkan tekanan dari orang sekitar

photoIlustrasi orang yang mendapatkan tekanan namun tetap tersenyum. - (Unsplash)

Dibalik kepribadiannya yang periang dan sering buat orang lain tersenyum bahkan tertawa, beberapa diantara mereka yang Ekstrovert ternyata kerap kali memendam permasalahan yang terjadi pada diri mereka selama ini. 

Termasuk ketika mereka mendapatkan suatu tekanan, baik yang terjadi di lingkungan keluarga atau orang sekitarnya, dampaknya seiring berjalannya waktu, dia bakal berubah menjadi pribadi yang pendiam atau berubah menjadi orang introvert.

3. Ada faktor broken home

photoIlustrasi broken home. - (Unsplash)

Ini salah satu dampak berbahaya juga ketika seorang anak yang terbiasa melihat kedua orang tuanya bertengkar sehingga mempengaruhi alam bawah sadar mereka secara psikologis, bahkan ada yang sampai mengalami trauma. 

Seiring berjalannya waktu, anak tersebut yang awalnya periang atau Ekstrovert bakal menjadi pendiam atau introvert.

4. Pernah dimanfaatkan oleh orang lain

photoIlustrasi seseorang yang dimanfaatkan oleh orang lain. - (Unsplash)

Dikarenakan orang Ekstrovert itu terbuka banget dan sering menerima bantuan dari siapa saja, hal ini terkadang membuat dirinya dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan sesuatu yang buruk.

Baca Juga :

Dampaknya, dia akan merasa bersalah, padahal bukan dia yang menjadi penyebab sesuatu yang buruk terjadi, melainkan orang yang memanfaatkannya lah yang seharusnya bertanggung jawab.

5. Mengalami stres dan depresi

photoIlustrasi seseorang yang mengalami stres. - (Unsplash)

Setiap orang pasti bakal mengalami kondisi stres dan depresi, terkadang tidak semua orang dapat mampu melaluinya dengan baik bahkan seorang Ekstrovert sekalipun. Stres dan depresi bisa membuat orang yang dulunya periang bisa menjadi pendiam, tertutup dan pemurung.

Baca Juga :

Tetapi, bukan berarti menjadi orang Introvert itu buruk ya Updaters! Yang membedakan orang Ekstrovert dan Introvert itu hanyalah kepribadiannya saja.

Terkadang ada juga dan banyak orang-orang yang memang memiliki kepribadian Introvert bisa sukses, tergantung bagaimana orang tersebut memakai sifat introvertnya di dalam kehidupan sehari-hari.

Image

Admin SUpdate

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur