Light Dark

Melihat Proses Pembuatan Umpan Layur Nelayan Ujung Genteng Sukabumi

Travel | 21 Mar 2021, 11:00 WIB
Nelayan Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sedang membuat umpan dari ikan layur sebelum melaut. | SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini di perairan Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sedang musim ikan layur. Nelayan pun sibuk membuat umpan sebelum turun ke laut.

Sukabumiupdate.com pada Minggu (21/3/2021) mengintip proses pembuatan umpan yang dipersiapkan oleh para nelayan.

"Umpannya dari ikan layur. Yang dipakai umpan ukuran kecil paling dua jari," ucap Nelayan Ujunggenteng, Sepong (40 tahun) saat diwawancarai, Minggu sore.

Baca Juga :

Sebelum turun ke laut, kata Sepong, selain perbekalan bahan bakar, konsumsi, rokok, juga membuat umpan dari ikan layur yang masih segar.

"Ikan layur dibelah memanjang, diambil dagingnya, setelah itu dipotong miring. Untuk 800 buah mata kail ukuran Nomor 9, sebanyak 20 kilogram. Bekasnya juga bisa dikonsumsi," jelasnya 

photoNelayan Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sedang membuat umpan dari ikan layur sebelum melaut. - (SU/Ragil Gilang)

Sepong biasanya mulai turun melaut pada jam 5 sore, dan pulang keesokan harinya jam 7 pagi. Perjalanan sekitar dua jam, menghabiskan 30 liter bahan bakar perjalanan pulang-pergi. 

"Lokasi masih di perairan laut Ujung Genteng dengan kedalaman 100 meter," pungkasnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Herlan Heryadie