Light Dark

Berkunjung ke Pantai Tenda Biru, Ujungnya Ujung Genteng Sukabumi

Travel | 21 Mar 2021, 10:02 WIB
Pantai Tenda Biru di Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. | SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Tak semua orang tahu bahwa di Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ada spot yang dinamakan Pantai Tenda Biru. 

Tempat itu menjadi ujungnya Ujung Genteng, yang bila dilihat di peta atau Google Maps posisinya menjorok ke laut. Warga setempat biasa menyebutnya dengan nama Jojongor Ujung Genteng.

Baca Juga :

Masuk dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Genteng, kemudian sekitar tiga kilometer melewati kawasan Hutan Cagar Alam dengan luas 38 hektare. Jalannya masih tanah dan sebagian berpasir, namun bisa dilalui kendaraan roda empat.

"Dulu disebut kokoncong atau jojongor Ujung Genteng. Berawal dari adanya perburuan harta karun. Warga yang berburu mendirikan tenda dengan atap warna biru," ucap nelayan setempat, Riki Suherdi kepada sukabumiupdate.com, Minggu (21/3/2021).

photoPantai Tenda Biru di ujungnya Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. - (Google Maps)

Sampai sekarang, kata Riki, lokasi tersebut terkenal dengan Pantai Tenda Biru. "Pantainya memang sejuk karena dekat hutan, masih banyak pohon-pohon ukuran besar, biawak dan burung," imbuhnya.

"Di sana ada tower mercusuar tinggi 40 meter dibangun tahun 2007. Ada bangunan peninggalan Belanda namanya Gedong Papak. Kiri-kanan hutan Ujung Genteng, sering dijadikan tempat bersandar perahu," terangnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Herlan Heryadie