Audit Anggaran Pemdes Cijalingan Soal Jalan Rusak, Ini Kata Inspektorat Sukabumi

Senin 15 Maret 2021, 09:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Inspektorat Kabupaten Sukabumi mendalami kinerja anggaran Pemerintah Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan, khususnya terkait program perbaikan jalan rusak.  Lembaga ini sudah merampungkan laporan pemeriksaan penggunaan anggaran Pemdes Cijalingan, dan hasilnya akan diberikan ke DPRD jika memang lembaga legislatif tersebut meminta secara resmi (tertulis) kepada Inspektorat.

Dalam rapat dengar pendapat yang dilakukan DPRD di Pendopo Sukabumi, Senin (15/3/2021) Inspektorat Kabupaten Sukabumi menegaskan sudah melakukan audit dana yang dikelolah Pemerintah Desa Cijalingan pada tahun 2019 silam. "Namun laporan hasil audit tersebut tidak bisa disampaikan ke publik sesuai aturan karena masih berstatus rahasia negara," jelas Inspektur pembantu wilayah 1, Inspektorat Kabupaten Sukabumi Asep Subur kepada wartawan usai rapat dengar pendapat itu.

Baca Juga :

Namun jika DPRD ingin mengetahui laporan audit anggaran Pemdes Cijalingan bisa bersurat secara resmi ke inspektorat Kabupaten Sukabumi. "Sesuai aturan, kita melakukan pemeriksaan administrasi selama 90 hari, dan audit Pemdes Cijalingan sudah kami lakukan tahun 2019 silam, berdasarkan laporan warga," tegas Asep Subur.

Kepada wartawan ia memberikan sedikit informasi soal kinerja pemdes Cijalingan dalam mengelolah anggaran. "Saya kasih signal, sebetulnya Kepala Desa Cijalingan itu bagus, dia (kades) mengajukan proposal bantuan ke provinsi untuk memperbaiki jalan rusak tersebut, bukan DD (dana desa) atau ADD (anggaran dana desa),"  ungkapnya.

photoKondisi jalan desa Cijalingan yang ditanami pohon pisang karena rusak parah - (istimewa)</span

Menurut Asep, dari pengajuan tersebut, Pemdes Cijalingan  mendapatkan bantuan provinsi (banprov) Jawa Barat sekitar Rp 7 jutaan untuk jalan rusak. "Dari sana Pemdes berupaya memperbaiki jalan rusak itu, sepanjang 500 meter kalau tidak salah. Hasil pemeriksaan tim, tak ada indikasi penyimpangan dan kerugian negara dan didukung bukti yuridis normatif semua dari adm bukti," ungkapnya.

Ia juga menambahkan berdasarkan laporan hasil audit penggunaan anggaran di Desa Cijalingan tidak ada TGR (tuntutan ganti rugi). "Sebetulnya bagus," tegas Asep Subur.

Baca Juga :

Soal Jalan Rusak Cijalingan Sukabumi, Camat Sebut Sudah Sosialisasi

Ia menayangkan lemahnya komunikasi antara pemerintah desa Cijalingan dengan warga soal jalan rusak. "Ada komunikasi kurang baik, seharusnya bisa dijelaskan oleh desa," jelasnya. 

Asep kembali menegaskan pihaknya tidak akan melakukan audit kembali pasca heboh kasus persekusi oknum aparat desa kepada guru SMPN Cicantayan yang memposting jalan rusak. "Audit sudah dilakukan tahun 2019," pungkasnya.

Baca Juga :

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara usai rapat dengar pendapat tersebut menegaskan bahwa Komisi I akan mengambil langkah-langkah termasuk meminta secara resmi laporan audit Desa Cijalingan ke Inspektorat

"Katanya sudah diaudit tapi ada hal yang tidak bisa dibuka. Nanti DPRD akan membuat surat ke inspektorat untuk meminta data-data tersebut," jelas Yudha. 

Catatan redaksi: Ada perubahan naskah pukul 19.18 WIB. Nara sumber dalam berita ini yaitu Asep Subur menarik statmen soal dugaan penyebab jalan rusak akibat faktor alam. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)