Soal Jalan Rusak Cijalingan Sukabumi, Camat Sebut Sudah Sosialisasi

Jumat 12 Maret 2021, 15:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Permasalahan guru SMPN 1 Cicantayan Sukabumi, Eko Purtjahjanto dengan aparatur Desa Cijalingan akibat postingan jalan rusak telah diselesaikan dan berujung islah. Camat Cicantayan Sendi Apriadi saat islah pun menyampaikan sosialisasi perbaikan jalan telah dilakukan.

Proses islah dilakukan di Hotel Augusta Cikukulu, Jumat (12/3/2021) dihadiri unsur Muspika Cicantayan. Sejumlah guru yang masih emosi mengaku tak puas dan menyebut Camat Cicantayan tak imbang.

"Saya tidak setuju dengan persepsi Pak Camat karena katanya ada video yang dipotong-potong," kata Guru IPA SMPN 1 Cicantayan, Abdussalam Alfarishi.

"Bahkan sebelum video itu dibuat, teman saya itu sebenarnya tidak mau memvideokan, tetapi orang dari aparat desa yang marah-marah itu bilang silahkan aja video-video. Kita juga jadi bertanya-tanya kenapa ingin divideo. Sekarang setelah viral dimana-mana mereka malah bungkam," tuturnya.

Baca Juga :

Ia juga mengaku masih sakit hati atas perlakuan aparatur Desa Cijalingan. "Saya sakit hati. Seharusnya kami guru SMPN 1 Cicantayan dihadirkan semua. Jangan perangkat desa saja lengkap, sedangkan kami hanya satu dua orang saja," kata Abdussalam.

"Kalau memang mau islah, kedua belah pihak hadir semua. Saya berharap islah ini dilakukan di sekolahan kami, karena kejadiannya juga di tempat sekolah saya mengajar," ungkapnya.

Di lokasi islah, Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Cicantayan, N Emalia pun masih tak terima. Ia menyebut islah ini bukan akhir dari penyelesaian, melainkan awal.

"Ini bukan akhir, ini awal! Saya merasa dimarahi. Seluruh guru di SMPN 1 Cicantayan merasa dimarahi," jelasnya. Ia pun menyinggung soal permintaan maaf Eko saat itu tak diterima oleh aparatur desa yang mendatangi sekolah.

Baca Juga :

Dampingi Eko, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Minta Pemerintah Tidak Anti Kritik

Saat diwawancarai, Camat Cicantayan Sendi Apriadi mengatakan penyampaian kritik oleh masyarakat adalah hal yang wajar dan harus diterima.

"Tapi karena mungkin dipandang kurang layak, sehingga akhirnya perangkat desa mendatangi beliau, kemudian terjadi yang viral di media sosial. Sebelumnya juga sudah disosialisasikan bahwa pembangunan jalan akan segera dilaksanakan. Mungkin beliau tidak mendapatkan informasi itu," kata Sendi kepada awak media.

"Selain klarifikasi internal, sudah islah juga. Tetapi bergulir sehingga satu hari kemudian ramai di media sosial. Islahnya tidak disampaikan bagaimana, tahu-tahunya ramai. Makanya kami dari Muspika memfasilitasi islah di antara keduanya, dan dipastikan perbuatannya kurang baik. Ini menjadi pendewasaan dan edukasi juga," ujar Sendi.

Mengenai jalan rusak, Kepala Desa Cijalingan Didin Jamaludin mengatakan, jalan itu menjadi kewenangan pemerintah Desa sejak 2018 lalu karena awalnya jalan itu berstatus kabupaten. Adapun jalan yang rusak itu merupakan penghubung Kampung Cisande dengan Kampung Cijalingan.

photoJalan rusak di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. - (Riza)</span

Didin menyatakan tak diam saja dengan keadaan jalan tersebut. Sebagai kades, dia juga ingin masyarakat menikmati infrastruktur yang layak. Namun pandemi membuat rencana perbaikan jalan terhambat. "Kita akan segera perbaiki pada tahun ini. Keterlambatan disebabkan karena terjadinya refocusing anggaran karena digunakan untuk pembiayaan Covid-19," jelasnya.

Lebih lanjut, Didin menyatakan anggaran pembangunan jalan ini sudah masuk RKP yang tercantum dalam APBDes sebesar Rp 150 juta ditambah anggaran Bantuan Provinsi Rp 60 juta. "Volume jalan yang rusak sepanjang 1.600 meter. Kita akan perbaiki sekitar Agustus atau September," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Eko Purtjahjanto didatangi beberapa orang yang mengaku aparatur Desa Cijalingan gegara Eko memposting jalan rusak bernada guyon di Facebook. Dalam video berdurasi 4 menit 29 detik, Eko nampak ditunjuk-tunjuk, dimarahi sambil ditanyai ihwal postingannya tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life16 April 2024, 11:00 WIB

9 Cara Menjadi Ayah yang Baik untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Menjadi seorang ayah yang baik adalah sebuah tanggung jawab besar dan mulia.
Ilustrasi - Menjadi seorang ayah yang baik adalah sebuah tanggung jawab besar dan mulia. (Sumber : Freepik.com/@artursafronovvvv).
Sukabumi16 April 2024, 10:46 WIB

Lewat Talkshow, DPUTR Sosialisasikan Layanan Tata Ruang di Kota Sukabumi

SKRK merupakan dokumen yang diperlukan sebagai landasan untuk menerbitkan PBG.
Pejabat atau pegawai DPUTR Kota Sukabumi saat hadir dalam talkshow Radio Swara Perintis pada 2 April 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat16 April 2024, 10:30 WIB

7 Rekomendasi Buah-buahan Saat Sakit Tenggorokan, Pilih yang Banyak Mengandung Air

Pastikan untuk memilih buah-buahan yang lembut dan tidak terlalu asam jika tenggorokan Anda sangat sensitif.
Ilustrasi. Rekomendasi Buah-buahan Saat Sakit Tenggorokan. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Keuangan16 April 2024, 10:27 WIB

Tahun Kemarin Rp 1,1 Miliar, BPR Jampangkulon Sukabumi Kembali Buka Tahara

Saat ini nasabah Tahara belum ada yang membuka kembali tabungannya.
Pegawai Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon di kantornya. | Foto: Istimewa
Life16 April 2024, 10:00 WIB

Apa Kamu Salah Satunya? 9 Ciri Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Menjadi orang baik adalah proses yang berkelanjutan. Tidak ada orang yang sempurna, dan semua orang membuat kesalahan.
Ilustrasi - Menjadi orang baik adalah proses yang berkelanjutan. Tidak ada orang yang sempurna, dan semua orang membuat kesalahan. (Sumber : Freepik.com).
Jawa Barat16 April 2024, 09:48 WIB

Tembus 391 Ribu, Kunjungan Wisatawan di Jawa Barat saat Libur Lebaran 2024

Herman mengatakan total kunjungan ini selama periode 5-14 April 2024.
Suasana wisatawan di Pantai Kebonkalapa, Karanghawu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (13/4/2024). | Foto: Facebook/Kota Palabuhanratu
Inspirasi16 April 2024, 09:30 WIB

Info Loker untuk Lulusan D3 atau S1 di Jakarta, Yuk Apply!

Jobseeker Yuk Apply Sekarang! Berikut Informasi Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 atau S1 di Wilayah Jakarta.
Ilustrasi. Info Loker untuk Lulusan D3 atau S1 di Jakarta, Yuk Apply!(Sumber : Freepik)
Sehat16 April 2024, 09:00 WIB

Bengkuang: Nutrisi dan Sederet Manfaat Kesehatan yang Jarang Diketahui

Penuh serat dan vitamin C namun rendah kalori dan lemak, bengkuang bisa menjadi tambahan makanan yang sehat dan bergizi.
Ilustrasi - Penuh serat dan vitamin C namun rendah kalori dan lemak, bengkuang bisa menjadi tambahan makanan yang sehat dan bergizi. (Sumber : Freepik.com/@tohamina).
Life16 April 2024, 08:00 WIB

10 Tips Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Banyak Masalah

Yuk Lakukan Sederet Tips Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Banyak Masalah!
Ilustrasi. Tua | Tips Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Banyak Masalah (Sumber : Freepik/@freepik)
Life16 April 2024, 07:00 WIB

Hati-hati! Ini 7 Kebiasaan Salah Anak Kecil yang Suka Diabaikan Orang Tua

Orang tua perlu memperhatikan kebiasaan salah atau setiap perilaku anak kecil. Kemudian, cobalah untuk memahami apa yang mungkin menyebabkan perilaku salah tersebut.
Ilustrasi - Kebiasaan Salah Anak Kecil yang Suka Diabaikan Orang Tua. (Sumber : Unsplash.com/@Joel Overbeck)