Light Dark

BTS Gagal Raih Grammy Awards, Bagaimana Masa Depan K-Pop?

Musik | 15 Mar 2021, 07:02 WIB
Boyband Korea Selatan BTS gagal meraih Grammy Awards | koreajoongangdaily.joins.com

SUKABUMIUPDATE.com - Boyband Korea Selatan BTS harus meninggalkan panggung Grammy Awards di Los Angeles Convention Center, Amerika Serikat, tanpa membawa penghargaan kategori Best Pop Duo/Group Performance untuk single megahit Dynamite.

Puluhan juta fans BTS yang menyaksikan acara itu dibuat tak percaya ketika nama Lady Gaga dan Ariana Grande, dengan lagu Rain on Me disebut sebagai pemenang. Lagu tersebut berasal dari album studio keenam Lady Gaga, Chromatica, yang dirilis Mei lalu.

Sementara kritikus musik Jung Min-jae justru tidak terkejut dengan kegagalan BTS. Kepada Korea Herald, Min-jae mengatakan; "Pelung 'Dynamite' tidak terlalu rendah, tapi nominee lain terlalu kuat."

Lagu Dynamite sebenarnya bertahan lama di peringkat teratas tangga Billboard Hot 100. Sempat turun tapi tidak terlalu jauh, lalu naik lagi ke puncak tangga.

Meski gagal, BTS tetap membuat sejarah sebagai artis Asia pertama yang masuk nominasi Best Duo/Group Performance sejak kategori ini muncul tahun 2012.

photoBTS - (BTS Bomb)

BTS membuat langkah besar di Grammy Awards, yang terkenal kolot terhadap lagu-lagu genre baru, artis non-Barat, dan dinyanyikan dalam bahasa non-Inggris.

"Kita tidak dapat menyangkal nominasi BTS memiliki makna besar, bukan hanya bagi BTS," kata Min-jae. "Sungguh tidak umum boyband dan girlband dinominasikan memenangkan Grammy Awards."

Tahun 1992, saat kategori Best Duo/Group Performance belum ada, Backstreet Boys delapan kali dinominasikan tapi belum pernah menang. Backstreet Boys adalah boyband legendaris Amerika Serikat. Status legendaris diperoleh karena banyaknya masuk nominasi.

Kemudian Jonas Brothers sempat dua kali masuk nominasi pada tahun-tahun berikut setelah Backstreet Boys meredup, namun juga gagal meraih penghargaan.

Prof Lee Gyu-tag, dari George Mason University Korea Selatan mengatakan; "Saya tidak ragu BTS masih memiliki kesempatan masuk nominasi Grammy Awards dan memenangkannya. Bagaimanapun, masuk nominasi tahun ini adalah yang pertama bagi mereka, juga masih artis K-Pop."

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur