Light Dark

BTS: Dinamit Korea Selatan akan Meledak di Panggung Grammy Awards

Musik | 08 Mar 2021, 03:59 WIB
Grup musik asal Korea Selatan, BTS, akan tampil di panggung Grammy Awards. | Courtesy of Big Hit Entertainment

SUKABUMIUPDATE.com - Musik Korea Selatan dibangun dengan mimpi salah satu artis mereka bisa tampil di Grammy Awards. Pekan depan, hal itu menjadi kenyataan. BTS, akan menjadi artis K-Pop pertama yang tampil live di penghargaan musik terbesar Amerika Serikat itu.

Kepastian BTS akan tampil di perhelatan Grammy Awards diumumkan Recording Academy, Minggu, 7 Maret waktu Amerika Serikat atau Senin, 8 Maret WIB. Nama BTS berada di antara 22 musisi yang terdaftar, termasuk Dua Lipa, Roddy Ricch, Taylor Swift, Card B, Billie Eilish, Megan Thee Stallion, dan Post Malone.

BTS dinominasikan untuk Penampilan Duo/Group Pop Terbaik dan menjadi artis pertama Korea Selatan yang masuk kategori tersebut. Pencapaian K-Pop tahun ini menandai invasi besar-besaran budaya Korea di pasar industri entertain Amerika, setelah tahun lalu Parasite dinobatkan sebagai peraih Academy Awards.

"Ini akan menjadi dinamit," kata Recording Academy dalam unggahan di Twitter-nya merujuk pada Dynamite -- lagu BTS paling hits. "BTS akan meledakkan panggung Grammy Awards dan membakar seluruh ruang."

BTS kali pertama berkenalan dengan panggung Grammy Awards tahun 2019, saat tujuh pemuda itu tampil sebagai presenter. Ketika itu mereka berbagi panggung dengan Lil Nas X, rapper Amerika dan membawakan lagu hits Old Town Road dengan lirik dari remix Seoul Town Road.

photoGrup musik asal Korea Selatan, BTS, siap tampil di perhelatan Grammy Awards. - (Istimewa)

Dalam dua tahun terakhir, BTS menjadi salah satu boyband paling populer di dunia. Di awal kemunculannya pada tahun 2013, BTS relatif mampu menaklukan pasar China, Jepang, dan sekujur Asia. Di Amerika, lagu-lagu mereka didengar kalangan terbatas, yaitu anak-anak muda imigran Asia.

Segalanya berubah setelah tampil di Grammy Awards dan berbagi panggung dengan Lil Nas X. Tahun lalu, Dynamite -- lagu berbahasa Inggris pertamanya -- nangkring di Billboards Hot 100 dan bergerak naik hingga ke posisi nomor satu dalam beberapa pekan.

Kepada media Korea Selatan, BTS mengatakan; "Saat itulah kami yakin mimpi kami berdiri sendiri sebagai penerima Grammy Awards akan menjadi kenyataan." Itu bukan hanya mimpi orang BTS, tapi mimpi sebuah bangsa bernama Korea.

Upacara Grammy Awards tahun ini akan diadakan pada Minggu, tapi format pasti pertunjukan itu belum ditentukan. Yang pasti adalah BTS akan meledakkan dinamitnya di depan jutaan publik Amerika dan miliaran penggemarnya di seluruh dunia. BTS adalah dinamit budaya Korea Selatan.

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur