Light Dark

BTS Salip Taylor Swift sebagai Global Recording Artist of the Year

Musik | 06 Mar 2021, 06:27 WIB
Grup musik BTS berhasil mengalahkan Taylor Swift dalam penghargaan Global Recording Artist of the Year | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah menikmati sukses dengan megahits 'Dynamite' dan 'Life Goes On' sepanjang tahun 2020, BTS kini berhasil mengalahkan Taylor Swift untuk menerima penghargaan Global Recording Artist of the Year dari Federasi Industri Rekaman Internasional (IFPI).

"BTS adalah fenomena global," kata Frances Moore, eksekutif IFPI dalam pernyataan tertulis setelah pengumuman pemenang. "Mereka melewati tahun luar biasa; merilis tiga album dan terus menemukan cara kreatif dan menarik untuk berbagi cerita kepada dunia," tambahnya.

Kantor berita Yonhap melaporkan BTS tercatat sebagai artis yang menyanyikan lagu dalam bahasa non-Inggris yang memenangkan penghargaan ini. Sebelumnya, tahun 2018, BTS berada di urutan kedua Global Artist Chart yang disusun IFPI.

Kemenangan BTS ditentukan oleh berbagai pengukuran secara global dalam format musik digital dan fisik selama satu tahun. Tujuh anggota BTS membuktikan kekuatan musik yang membawa kegembiraan dan kebahagiaan bagi orang di seluruh dunia.

Dalam pernyataannya, Moore menyebut tujuh nama anggota BTS. Ia juga menyebut BTS piawai mengantisipasi perjalanan musik mereka ke depan.

Baca Juga :

photoPosisi Taylor Swift dalam penghargaan Global Recording Artist of the Year dikalahkan BTS - (Instagram/@taylorswift)

Pada tahun lalu, BTS menuliskan sejarahnya lewat 'Dynamite' -- lagu berbahasa Inggris yang nangkring di posisi nomor satu Billboard. Kemudian 'Life Goes On', sebuah lagu balada yang juga meraih sukses luar biasa ketika banyak artis dunia istirahat akibat pandemi.

'Life Goes On' juga menduduki puncak tangga lagu Billboard dan dinyanyikan dalam bahasa Korea. Sukses lagu ini sangat membanggakan, karena bahasa Korea tiba-tiba menjadi alat komunikasi universal.

Taylor Swift berada di posisi kedua untuk Global Recording Artist of the Year IFPI, disusul Drake and The Weeknd di tempat ketiga. Di bawah ketiganya terdapat nama-nama besar; Billie Eilish, Post Malone, dan Ariana Grande.

Kini, BTS mengincar Grammy Award yang akan diumumkan pada 14 Maret. BTS menjadi grup Korea pertama yang masuk nominasi Grammy Award dan akan bersaing di kategori duo pop dan grup dengan penampilan terbaik dengan lagu 'Dynamite'.

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur