Light Dark

Cewek Cowok Beda Hukuman, Razia Masker di Alun-alun Palabuhanratu Sukabumi

Sukabumi | 27 Feb 2021, 16:40 WIB
Para wanita yang diberi hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya karena tak pakai masker di Alun-alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/2/2021). | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Operasi disiplin protokol kesehatan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tak pandang bulu. Selain pria, para wanita yang kedapatan tidak memakai Masker juga diberi Hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membacakan Pancasila. Bagi pria yang melanggar diminta Push Up.

Para wanita itu diberi Hukuman oleh petugas gabungan yang membubarkan kerumunan di Alun-alun Palabuhanratu, Sabtu (27/2/2021) malam. Para wanita itu terjaring ketika sedang nongkrong, kemudian ada juga yang melintas di Alun-alun kemudian diberhentikan petugas gabungan yang terdiri TNI Polri, Satpol PP dan unsur Forkompimcam karena berkendara tidak menggunakan Masker dan helm.

Baca Juga :

Camat Palabuhanratu Ahmad Samsul Bahri mengatakan, para wanita itu diberi Hukuman untuk membacakan pancasila, syahadat hingga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sedangkan, sejumlah pria yang kedapatan tidak memakai Masker diberi teguran push up oleh petugas.

"Ada yang di push up, nyanyi lagu Indonesia Raya, mengucap ulang Pancasila," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 2202 Palabuhanratu Kapten Inf. Budi Hadi Priyadi menyatakan kurang lebih sebanyak 15 orang warga pria dan wanita yang diberikan arahan serta pembinaan karena kedapatan tidak menggunakan masker.

"Sanksi yang kami berikan untuk pembelajaran bagi warga, mengingatkan mereka bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir," ungkapnya.

Menurut dia, kebanyakan alasan warga tidak menggunakan Masker sesuai dengan yang disampaikan saat terjaring operasi Masker rata-rata warga mengaku lupa. 

"Himbauan kami kepada seluruh masyarakat Kecamatan Palabuhanratu, bahwa saat ini pandemi masih belum berakhir. Dengan kegiatan ini memberikan pembelajaran bagi masyarakat agar setiap keluar rumah pergunakan Masker dan jadikan pemakaian Masker merupakan kebutuhan pokok yang berfungsi sebagai pelindung dirinya, keluarga, masyarakat lingkungan sekitar dari Covid-19," pungkasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Nandi

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur