Light Dark

DPESDM Bidang Industri Non Agro Beri Pelatihan Konveksi di Surade Sukabumi

Produk | 25 Feb 2021, 10:00 WIB
Peserta pelatihan industri kecil konveksi dan sablon yang digelar DPESDM Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) memberikan kegiatan pelatihan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan pelatihan industri kecil konveksi dan sablon itu dilakukan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 22 Februari hingga 24 Februari 2021.

Kepala Bidang Industri Non Agro DPESDM Kabupaten Sukabumi, Ujang Zulkifli mengatakan, peserta dari kegiatan itu sebanyak 15 orang dan untuk narasumbernya didatangkan dari Bandung. Para narasumber ini memberikan pelatihan bagaimana mendesain produk fashion misalnya baju muslim, baju koko dan lain sebagainya termasuk sablon kaos. 

Baca Juga :

"Membuat desain model kemudian dijahitkan dan terakhir mereka pakai untuk diperlihatkan kepada narasumber, [targetnya] bahwa selama tiga hari mereka mendapatkan keahlian. Satu bisa mendesain yang kedua bisa menjahit yang ketiga hasilnya bisa dipergunakan dan bisa dipakai. Hasil penilaian dari narasumber pun cukup bagus," kata Ujang.

DPESDM berharap diberikan lagi percayaan oleh Pemerintah Daerah untuk melatih masyarakat dibidang Industri Kecil dan Menengah khususnya non agro. Ujang menyatakan, bidang garapan non argo merupakan bidang-bidang yang memiliki keunggulan yaitu seksi industri kerajinan aneka sandang yang melakukan pelatihan konveksi dan sablon. Kemudian seksi industri logam mesin dan elektronik kemudian seksi kimia bahan bangunan.

"Mudah-mudahan kita bisa terus menguatkan masyarakat agar mereka bisa terus berusaha dan mendapatkan penghasilan dari industrinya. Dan ternyata salah satu industri kecil dan menengah yang bertahan dari pandemi Covid-19 adalah industri konveksi, industri fashion, industri sandang. Karena kebutuhan sandang permintaannya cukup banyak," tuturnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Riza

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur