Light Dark

Ada Stand Jajanan Usai Pengesahan Perda Koperasi di DPRD Sukabumi

Produk | 15 Feb 2021, 10:25 WIB
Ketua DPRD dan Bupati Sukabumi beserta jajaran saat mengunjungi stand penjualan makanan yang terpasang di area parkir Gedung DPRD, Senin (15/2/2021). | SU/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemandangan berbeda terlihat di area parkir DPRD Kabupaten Sukabumi, Senin (15/2/2021) saat ada pelaksanaan Rapat Paripurna pengesarah Perda Pemberdayaan Koperasi.

Sebuah stand didirikan di depan pintu masuk menuju Gedung DPRD. Di stand tersebut terpajang pelbagai makanan ringan, seperti peyek kacang, peyek ikan, balado ikan jambal, bakso mercon, risoles, cireng, sumpia udang dan makanan ringan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara bersama jajaran anggota lainnya, serta Bupati Marwan Hamami seusai rapat paripurna kemudian menyempatkan berkunjung ke stand yang dijaga beberapa orang ibu-ibu tersebut.

"Kebetulan ini ada koperasi yang tergabung DPKUKM Kabupaten Sukabumi, kita membuka display. Jadi ada beberapa makanan home industri yang dijual," kata Yudha.

Baca Juga :

Ia menjelaskan, produk di stand tersebut merupakan hasil olahan ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Kartini.

"Cukup luar biasa, baik dari segi rasa dan produk makanan yang dihasilkan. Memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi. Tinggal ini bikin packaging yang menarik supaya nantinya menjadi daya tarik konsumen untuk bisa membeli barang ini," jelasnya.

Menurut Yudha, saat ini Kabupaten Sukabumi menjadi tujuan pariwisata. Dengan semakin banyaknya olahan-olahan kuliner yang diciptakan para pelaku usaha akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan kedepan.

"Kita pun berharap ke depan bisa mempersiapkan produk-produk UMKM ini, sehingga kita punya merek dagang. Ketika wisatawan datang ke Sukabumi bawa oleh-oleh khas Sukabumi," bebernya.

"Sekarang kan masih bingung, nah nantinya ketika merek dagang ini sudah terkenal, kalau wisatawan ke Sukabumi bawa satu produk itu bisa menjadi sebuah cendramata juga. Jadi perlu kita dorong ini saya rasa, karena ternyata banyak sekali terutama makanan khas buatan Sukabumi," tandasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Nandi

Reporter

Image

Herlan Heryadie

Redaktur