Cara SDN 4 Gunungguruh Sukabumi Memperingati Hari Guru Nasional 2020

Rabu 25 November 2020, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Tahun ini, Google Doodle bahkan ikut merayakannya dengan menampilkan Pak Tino Sidin, pelukis dan guru gambar yang sangat terkenal pada tahun 1980-an.

Laman ensiklopedia bebas, Wikipedia menyebutkan, Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994 lewat Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Di Sukabumi, peringatan Hari Guru Nasional terlihat di SDN 4 Gunungguruh. Di tengah situasi pandemi Covid-19, beberapa perwakilan siswa-siswi diajak untuk melangsungkan upacara peringatan Hari Guru Nasional sambil menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Doodle Tino Sidin, Google Rayakan Hari Guru Nasional

Para siswa dan guru di SDN 4 Gunungguruh memperingati bersama para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang sedang mengikuti program Kemendikbud, yakni Kampus Mengajar Perintis (KMP).

Ada lima mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar Perintis 2020 di SDN 4 Gunungguruh. Mereka adalah Nisrina Salma R (Bahasa dan Sastra Inggris), Intan Yunia Cahyani (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga), Adinda Galuh Nurutami (Bahasa dan Sastra Inggris), Reza Tarmudi Firdaus (Bahasa dan Sastra Indonesia) dan Azzahra Nabila (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga).

"Jadi KMP ini untuk membantu seluruh siswa-siswi SD di Indonesia yang terdampak Covid-19. Adapun programnya membantu mengajar para guru di sekolah, juga membantu administrasi dan adaptasi teknologi," kata Elsa Lesmana, guru SDN 4 Gunungguruh kepada sukabumiupdate.com.

Lomba-lomba dengan menerapkan protokol kesehatan dalam peringatan Hari Guru Nasional di SDN 4 Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/10/2020).

Salah satu mahasiswa, Nisrina Salma mengatakan, selain upacara, ada juga lomba-lomba dalam memperingati Hari Guru Nasional, seperti lomba menggambar dan mewarnai, lomba menyanyi, lomba cerdas cermat, dan lomba puisi. Peserta lomba adalah siswa-siswi SDN 4 Gunungguruh, mulai dari kelas I sampai kelas VI.

"Walaupun banyak yang ikut, tetapi tetap diterapkan protokol kesehatan. Para siswa dan guru diminta untuk menggunakan masker, dan tetap jaga jarak. Jadi setiap lomba itu ada satu orang setiap bangku. Lalu ada juga pemberian bunga kepada guru-guru," kata Nisrina.

BACA JUGA: Menkeu Sri Mulyani Sebut Guru Honorer Jadi PPPK Bisa Dapat Tunjangan Rp 4 Jutaan

Melalui kegiatan ini, Nisrina berharap Hari Guru Nasional bisa menumbuhkan kembali minat, semangat dan motivasi siswa-siswi di SDN 4 Gunungguruh untuk terus belajar, meski terdampak Covid-19.

"Kami berharap siswa-siswi yang terdampak pandemi Covid-19 ini akan tetap dijaga semangatnya dan juga rasa senang akan belajar. Jadi, masih bisa melajar melalui lomba-lomba, masih bisa bertemu dengan teman-teman, tapi juga tetap menerapkan protokol kesehatan," tandas Nisrina.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).