Light Dark

Soal Aksi Mogok Lifeguard, Koordinator Pos Basarnas Sukabumi: Perannya Sangat Penting

Sukabumi | 23 Dec 2018, 05:23 WIB
Kantor Pos Basarnas Sukabumi. | Nandi.

SUKABUMIUPDATE.com - Koordinator Pos Badan SAR Nasional (Basarnas) Sukabumi, Faber Sinaga, menyayangkan aksi mogok Lifeguard (penjaga pantai,red) pada musim liburan sekolah, Natal, dan tahun baru kali ini. Peran Lifeguard sangat penting untuk menjami keselamatam wisatawan.

Faber mamandang persoalan ini harus ditanggapi secara serius. Peran Lifeguard sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan wisatawan, khususnya di pantai kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang saat ini sudah mendapat pengakuan dari dunia.


Advertisement

"Sangat penting karena tempat wisata di sepanjang Pantai Sukabumi, khususnya Palabuhanratu, sangat ramai pengunjung pada saat liburan panjang seperti sekarang," ujar Faber kepada sukabumiupdate.com Minggu (23/12/2018).

Lifeguard tidmak hanya membantu upaya penyelamatan terhadap wisatawan korban kecelakaan laut. Yang lebih penting adalah, perannya dalam pencegahan.

"Apalagi kia tahu bahwa tingkat laka laut (orang tenggelam,red) di pantai-pantai Palabuhanratu sangat tinggi," jelasnya.


Advertisement

BACA JUGA: Gawat! Libur Panjang di Pantai Sukabumi Terancam Tanpa Lifeguard

Namun pihaknya tidak ingin terlalu jauh mengomentari persoalan tidak adanya kepedulian pemerintah daerah terhadap keberadaan Lifeguard Balawista di Kabupaten Sukabumi seperti yang dikeluhkan Balawista.

"Kalau itu urusan Pemda dengan Balawista,  kami dari Basarnas sendiri siap siaga 24 jam melaksanakan siaga natal 2018 dan Tahun baru 2019. Memberikan pelayanan agar pengunjung nyaman dan aman," pungkasnya.

Image

Ardi Yakub

Reporter

Image

Ardi Yakub

Redaktur

Image

NANDI

Reporter