Alami Depresi Setelah Kena PHK? Simak 6 Cara yang Harus Anda Lakukan

Pemutusan hubungan kerja bisa berefek negatif kesehatan mental dan dari waktu ke waktu menumpuk dan membuat kesehatan fisik yang lebih buruk.

24 November 2022, 12:11 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com 0 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com 0 sukabumiupdate.com sukabumiupdate.com
Alami Depresi Setelah Kena PHK? Simak 6 Cara yang Harus Anda Lakukan

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini banyak sekali perusahaan dunia termasuk di Indonesia yang telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya. Selain meningkatkan jumlah pengangguran, efek dari PHK bisa membuat kesehatan mental mantan karyawannya menjadi terganggu.


Pemutusan hubungan kerja bisa berefek negatif kesehatan mental dan dari waktu ke waktu menumpuk dan bermanifestasi menjadi kesehatan fisik yang lebih buruk. Misalnya, kesehatan fisik mungkin bukan hanya dipengaruhi oleh perubahan standar hidup, tetapi juga meningkatkan kerusakan kesehatan dan penurunan perilaku promosi kesehatan. 


Berbanding Lurus Kondisi Mental


Menurut Goldsmith dalam Journal of Economic Psychology, kehilangan pekerjaan memiliki pengaruh langsung kepada keadaan mental seseorang. "Bahwa dalam berbagai literatur psikologi, telah diteliti bahwa setelah kehilangan pekerjaan muncul gejala rendahnya kepuasan kerja, depresi, harga diri rendah, ketidakbahagiaan, dan bahkan bunuh diri.


Dihimpun dari Tempo.co yang mengutip laman choosingtherapy, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika depresi pasca PHK, 


1. Izinkan Diri Anda Merasakan Perasaan Anda


Biarkan diri Anda mengalami berbagai emosi seputar kehilangan pekerjaan Anda. Kehilangan pekerjaan dapat menyebabkan banyak perasaan yang berbeda, seperti kekhawatiran bahwa Anda mungkin tidak menemukan posisi lain dalam waktu dekat yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan Anda, perasaan malu atau malu, dan banyak lagi. Menerima perasaan Anda adalah langkah pertama yang penting untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. 


2. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri


Terkadang wajar bagi seseorang untuk mempertanyakan apakah sesuatu yang mereka katakan atau lakukan dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan, namun penting untuk dicatat bahwa ada banyak aspek yang dapat menyebabkan Anda kehilangan pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan Anda.


3. Mencari Dukungan Sosial 

Anda mungkin merasa tidak nyaman dan malu untuk meminta tolong, namun Anda bisa bercerita dengan seseorang yang Anda percayai. Dukungan sosial mungkin dapat membantu Anda memikirkan berbagai hal dari perspektif yang berbeda. 

4. Melakukan Hal yang Anda Sukai 


Lakukan aktivitas yang Anda suka dan bermakna untuk hidup Anda. Menjaga diri Anda aktif dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda dan memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang Anda nikmati dalam hidup. 


5. Melakukan Relaksasi 


Beberapa teknik relaksasi yang bisa Anda coba diantaranya adalah bernapas dalam - dalam, meditasi, relaksasi otot, dan branding tecniques. 


6. Fokus Pada Apa yang Dapat Anda Kontrol


Fokuslah pada apa yang bisa Anda kendalikan, mungkin memperbarui surat lamaran dan resume Anda. Melacak posisi yang telah Anda lamar dan hasilnya, mempersiapkan wawancara , mengatur referensi Anda. 


Lalu membangun jaringan dengan para profesional di bidang yang sama, mengikuti kelas online untuk meningkatkan keterampilan Anda. Atau mungkin memulai usaha bisnis baru yang selalu ingin Anda lakukan, dan hal lain yang dapat Anda pikirkan dapat membantu membangun bisnis Anda setelah kena PHK.


Sumber: Tempo.co (Melinda Kusuma Ningrum)


Baca Juga

A


Writer: Ikbal Juliansyah


Informasi Redaksi . Laporkan Konten
sukabumiupdate.com

Admin SUpdate
SU Admin

sukabumiupdate.com

Admin SUpdate
Redaktur

Komentar