Cerita Buruh Bangunan Penuhi Gizi Bayinya yang Stunting di Palabuhanratu Sukabumi

Jumat 30 September 2022, 23:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pertumbuhan M Rafsya Fauzan tidak seperti bayi seusianya. Pasalnya, bayi di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, itu mengalami stunting. 

Hal itu terungkap saat Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo dan jajarannya mendatangi rumah orang tua bayi tersebut, Ade (41 tahun) dan Lina Nuriana (35 tahun) di Kampung Cimanggu RT 007/004, Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga :

Selain mengidap stunting, anak kelima pasangan Ade dan Lina mengidap penyakit lain. Berdasarkan pemeriksaan dokter, Rafsya didiagnosa flek paru-paru atau tuberkulosis.

“Kondisi seperti ini sejak usia 6 bulan, kondisinya gini kecil, udah pernah waktu itu dibawa ke Puskesmas, kata dokter ada flek di paru-paru," kata Lina.

Sebagai orang tua, Ade dan Lina terus berupaya agar anaknya itu sembuh. Ade yang mengandalkan pendapatan dari kerja buruh bangunan harus dibagi-bagi untuk kebutuhan sehari-harinya serta memenuhi gizi anak seperti susu, vitamin hingga sayuran.

Disisi lain, proyek bangunan tak selalu ada. Apabila tak ada proyek, dia menganggur dan pinjam sana sini untuk kebutuhan anak. Tak jarang, Ade harus mengutang sehingga uang yang diperoleh hasil dari peras keringat pun dipakai untuk gali lubang tutup lubang.  

"Kadang-kadang kerja, kadang-kadang enggak, tergantung adanya proyek atau enggak, paling sehari-hari ke kebun. Pekerjaan gak tiap hari, kalau ada paling seminggu kerja,” ujarnya.

Maka dari itu, pasangan suami istri ini bersyukur ketika Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo datang membawa bantuan. Selain itu Ari juga menjadikan Rafsya sebagai anak asuhnya. Ia berjanji akan membantu biaya untuk kehidupan Rafsya kedepannya, sesuai dengan kemampuannya.

Ari mengatakan, kegiatan sosial ini tak hanya dilakukan oleh pihaknya tapi juga dilaksanakan secara serentak di 15 Koramil Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah kami dari Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi sudah bisa membantu saudara-saudara kita yang mengalami stunting, di mana hari ini juga di jajaran kodim kami serentak di 15 koramil. Saya selaku Dandim telah mengangkat anak asuh stunting, kemudian tiap-tiap Danramil juga demikian," ujarnya kepada awak media.

Jumlah anak penderita stunting yang dijadikan anak Asuh oleh Kodim 0622 adalah 18 orang,  dimana Dandim mengangkat anak asuh 3 orang dan tiap koramil 1 orang.

Ari mengangkat tiga anak stunting yang usianya masih bayi dan balita, dua diantaranya di Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu dan satu lagi di Kecamatan Cikidang. 

Ari menjelaskan, hal itu dilakukannya sebagai upaya membantu menekan angka stunting di Kabupaten Sukabumi. Ia memastikan, TNI AD hadir di tengah masyarakat dan menjadi solusi ketika terjadi permasalahan apapun.

"Seperti yang pernah saya sampaikan bahwa TNI AD harus dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, dan kami akan berusaha menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah di SMPN 1 Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)