Light Dark

Bojongkokosan Jadi Tuan Rumah Pameran Soekaboemi Tempo Doeloe, Cek Tanggal dan Acaranya?

Travel | 23 Sep 2022, 12:50 WIB
Dalam rangka pekan budaya, Disbudpora Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Yayasan Dapur Kipahare mengadakan pameran dengan tema ‘Soekaboemi Tempo Doeloe’. Pameran tersebut akan dilaksanakan di Palagan Bojongkokosan | dok. kemdikbud

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka pekan budaya, Disbudpora Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Yayasan Dapur Kipahare mengadakan Pameran dengan tema ‘Soekaboemi Tempo Doeloe’.

Pameran tersebut akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 24-25 September 2022, di Palagan Bojongkokosan, Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.


Advertisement

Pameran ini akan berlangsung dari pukul 08.00 - 22.00 WIB. Istimewanya, Pameran ‘Soekaboemi Tempo Doeloe’ ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya. Namun, bagi pengunjung yang akan datang dianjurkan untuk menggunakan pakaian tradisional. 

photoDenah Pameran Soekaboemi Tempo Doeloe - (Facebook Irman Firmansyah )

“Gratis, untuk umum. Hanya saja dianjurkan untuk menggunakan kostum tempo dulu atau kostum tradisional sunda,” jelas Ketua Yayasan Dapuran Kipahare, Irman Firmansyah kepada Sukabumiupdate.com.


Advertisement

Tujuan utama diadakannya Pameran ini adalah untuk memperkenalkan Budaya Sukabumi yang sudah ada sejak dulu, seperti pakaian, kuliner, budaya pertanian, perkebunan, pendidikan, dan lainnya.

Irman juga mengungkapkan jika konsep dari ‘Soekaboemi Tempo Doeloe’ adalah sebuah pengalaman (experience), jadi Pameran tersebut akan setting dengan nuansa tempo dulu sehingga pengunjung dapat merasakan bagaimana suasana kehidupan zaman dulu di Sukabumi.

Selain nuansa, pengunjung juga dapat melihat, menyentuh, dan mencicipi beberapa makanan zaman dulu.

Berikut stand yang akan ada di Pameran Soekaboemi Tempo Doeloe:

  1. Pemerintahan 
  2. Rumah Tempo Doeloe
  3. Dapur Tempo Doeloe 
  4. Sekolah Tempo Doeloe 
  5. Tepas Ngahaleuang
  6. 6. Alat Kesenian Tradisional 
  7. Alat Kaulinan Sunda 
  8. Padepokan Pencak Silat
  9. Militer 
  10. Perkebunan Kolonial 
  11. Istal Kuda 
  12. Sate & Ketan Bakar 
  13. Geco & Laksa 
  14. Kukusan & Kue 
  15. Es & Kopi 
  16. Layar Tancap 
  17. Panggung Utama 
  18. Pos Gerbang Masuk

Setelah menjelaskan mengenai pameran, Irman mengungkapkan harapannya mengenai kegiatan pameran Soekaboemi Tempo Doeloe ini.

“Harapan saya tentunya kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan bahkan ke level nasional, karena sangat penting mensosialisasikan budaya dengan cara kreatif supaya generasi kita mengenal dan mencintai budayanya,” tutur Irman.

Baca Juga :

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah