Bupati Resmikan Revitalisasi Curug Sodong Sukabumi, Tiket Masuknya Non Tunai

Senin 05 September 2022, 09:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata Curug Sodong di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, tampil dengan wajah baru usai dilakukan revitalisasi. Selain dilakukan penataan dan adanya tambahan sarana wisata, kini untuk masuk ke tempat wisata tersebut harus menggunakan aplikasi non tunai. 

Peresmian revitalisasi ini dilakukan Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Minggu 4 September 2022. Peresmian dilakukan dalam rangkaian HUT ke-152 Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :

Dimulai di Curug Sodong, Dispar Sukabumi Bakal Terapkan Tiket Wisata Pakai QRIS

Kini destinasi wisata yang berada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu memiliki berbagai sarana untuk wisatawan seperti bale atau gazebo, mushola, menara pandang, hingga amphitheater. 

Dari amphitheater ini wisatawan dapat melihat keindahan curug tersebut. 

Tak hanya itu, parkiran pun cukup luas. Bahkan terdapat warung warung yang tertata dengan baik serta menjual produk UMKM. Bagi masyarakat yang ingin lebih lama menikmati suasana di Curug Sodong, bisa menginap di homestay sekitar area tersebut. 

Marwan mengaku bersyukur di HUT Kabupaten Sukabumi yang ke-152 tahun, bisa menambah fasilitas layanan kepada masyarakat. Salah satunya, kawasan Curug Sodong yang telah direvitalisasi. 

"Di sini telah ada fasilitas yang sangat lengkap, mari kita pelihara bersama. Buat masyarakat yang datang ke sini kerasan. Sehingga, mereka bisa mengajak orang lain agar berdatangan ke sini," ujarnya. 

Revitalisasi ini, kata Marwan, bukan sekadar mempercantik kawasan Curug Sodong. Namun, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Wisatawan bisa menikmati fasilitas di sini. Dengan tingginya pengunjung, warga setempat pun harus lebih sejahtera. Masyarakat bisa menyediakan homestay hingga berjualan kepada wisatawan," ucapnya. 

Maka dari itu, Marwan mengajak semua pihak untuk bersama-sama merawat kawasan ini termasuk masyarakat sekitar pun bisa lebih peduli. "Tempat ini merupakan milik bersama. Jadi harus kita rawat bersama-sama," ungkapnya. 

Selain itu, dirinya mengajak masyarakat untuk memunculkan setiap potensi di desa. Sehingga, potensi itu bisa menjadi andalan dan dapat mensejahterakan masyarakat. "Seperti keberadaan Curug Sodong ini, minimal perekonomian masyarakat terungkit," bebernya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengatakan, Curug Sodong ini telah rampung direvitalisasi pada akhir Desember 2021. Sehingga, kondisinya bisa sebaik saat ini. "Kemarin belum di tiket. tapi hari ini Bupati alhamdulillah sudah membuka beroperasinya jadi melalui tiketing, tiketnya menggunakan QRIS, non tunai,” kata Sigit.

Adapun untuk tata cara masuk ke Curug Sodong saat ini, lanjut Sigit, pengunjung harus memiliki aplikasi non tunai QRIS di handphonenya.

“Kemudian di hape itu langsung melalui scan barcode yang kami sediakan. Harga tiket masuk perorang hanya Rp 5 ribu , itu berikut untuk asuransi, apabila terjadi kecelakaan disini itu bisa klaim asuransi,” jelasnya.

“Kemudian juga jangan hilang tiket itu, karena bukti pengunjung itu datang kesini, jadi ketika terjadi sesuatu itu bisa dibuktikan sebagai klaim asuransi,” tambahnya.

Dengan sistem non tunai melalui aplikasi QRIS ini, Sigit berharap kedepannya transaksi pembayaran tiket lebih cepat. “Kemudian untuk pengawasan juga kita mudah, untuk melihat berapa sih pendapatan dari Curug Sodong ini,” sambungnya.

Dirinya berharap, perekonomian masyarakat semakin terangkat pasca revitalisasi ini. "Semoga tempat ini bermanfaat dan perekonomian masyarakat sekitar terangkat," harapnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Gadget13 Mei 2024, 00:36 WIB

Balita di Cikole Sukabumi Tewas Usai Dipatuk Ular Welang Saat Tidur

Peristiwa nahas menimpa seorang bayi berusia tiga tahun asal Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Balita itu meninggal dunia usai digigit ular welang di kamarnya.
Balita meninggal setelah dipatuk ular welang di Cikole Sukabumi | Foto : Ilustrasi Pixabay
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 00:10 WIB

Koalisi 5 Partai Kantongi Tiga Nama Bakal Calon Bupati Sukabumi

Pasca deklarasi koalisi 5 partai untuk bekerjasama di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, komunikasi antar pimpinan partai politik terus dilakukan.
Pertemuna Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha dan Ketua DPC PKB Hasim Adnan, Minggu (12/5/2024) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi12 Mei 2024, 23:56 WIB

Debit Air Bendungan Ciletuh Sukabumi Menurun, Area Pertanian di Dua Kecamatan Terancam

Bendungan Ciletuh sebagai penyuplai air untuk pertanian di Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap debit airnya muali menurun.
Bendungan Ciletuh Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 21:00 WIB

Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.
Ilustrasi - Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. (Sumber : Screenshot YouTube/@Kunci Sehat).
Sukabumi12 Mei 2024, 20:45 WIB

Truk Box Terbalik Di Puncak Dini Geopark Ciletuh Sukabumi, 3 Orang Terluka

Mobil truk box yang membawa dua unit sepeda motor Nmax, terbalik diturunan Puncak Dini, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.
Truk box terbalik di tanajakan dini Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 Mei 2024, 20:23 WIB

PKS Runner Raih Juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Sejumlah pelari yang tergabung dalam PKS Runners mengikuti event Geopark Ciletuh Run 2024
PKS Runner raih juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi | Foto : Ist
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang