7 Penyebab dan Cara Mengobati Bau Mulut, Mudah Dilakukan

Minggu 04 September 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penting mengetahui cara mengobati bau mulut serta penyebabnya. Mengingat Bau mulut menjadi salah satu masalah yang kerap menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri. Selain itu, bau mulut juga bisa mengganggu orang lain yang ada di sekitar anda.

Mengutip dari Tempo.co, bau mulut atau halitosis merupakan istilah yang menunjukan kondisi seseorang ketika bernafas mengeluarkan bau yang tidak sedap dari mulutnya.

Bisa saja bau mulut tidak tercium orang diri sendiri, tapi yang pasti lawan bicara Anda akan merasa tidak nyaman ketika berada di dekat Anda.

Baca Juga :

Dilansir mayoclinic.com, penyebab dari kondisi bau mulut sebagian besar tidak dimulai dari mulut Anda. Namun, sebagian besar bau mulut banyak disebabkan oleh faktor eksternal, seperti makanan atau kebiasaan yang kurang sehat.  Ini penyebab bau mulut seseorang:

photoIlustrasi Atasi Bau Mulut - (Unsplash)</span

1. Makanan yang Dikonsumsi

Pecahnya partikel makanan di dalam dan di sekitar gigi Anda dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu, makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah, juga bisa menyebabkan bau mulut.

Cara kerja makanan tersebut dapat membuat mulut Anda bau adalah ketika Anda mencerna makanan ini, mereka memasuki aliran darah Anda, lalu dibawa ke paru-paru dan mempengaruhi pernapasan Anda. 

2. Merokok

Orang yang merokok bisa memiliki bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, perokok dan pengguna tembakau oral juga lebih cenderung memiliki penyakit gusi, sumber bau mulut lainnya. 

3. Tidak Menjaga Kebersihan Mulut 

Jika Anda tidak membersihkan gigi dengan baik maka akibatnya adalah tumpukan partikel makanan akan tetap bersemayam dalam mulut Anda dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.  Kemudian, partikel makanan tersebut akan membentuk lapisan bakteri atau plak yang lengket terbentuk di gigi Anda.

Baca Juga :

Jika tidak disikat, plak dapat mengiritasi gusi dan akhirnya membentuk kantong berisi plak di antara gigi dan gusi.  Selain itu, lidah Anda juga bisa menjebak bakteri yang menghasilkan bau serta gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak terpasang dengan benar dapat menampung bakteri penyebab bau. 

4. Mulut Kering 

Air liur memiliki fungsi untuk membantu membersihkan mulut dan menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap.  Lalu, ketika mulut dalam kondisi penurunan produksi air liur atau suatu kondisi yang disebut mulut kering ternyata bisa menjadi penyebab bau mulut.  

5. Mengonsumsi Obat-obatan 

Beberapa obat secara tidak langsung dapat menghasilkan bau mulut, cara kerjanya ketika obat sudah dipecah dalam tubuh, maka obat akan melepaskan bahan kimia yang dapat terbawa pada napas Anda. 

6. Terjadi Infeksi Pada Mulut  

Bau mulut dapat disebabkan oleh luka operasi setelah operasi mulut, seperti pencabutan gigi, atau akibat kerusakan gigi, penyakit gusi atau sariawan. 

7. Terjadi Masalah Pada Hidung dan Tenggorokan 

Bau mulut tidak selamanya disebabkan di area mulut, karena terkadang bisa berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk di amandel dan ditutupi dengan bakteri yang menghasilkan bau.

Ada juga dari Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan postnasal drip yang menyebabkan bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Adapun, cara untuk mengatasi bau mulut dengan cara melakukan pola hidup higienis dan sehat, seperti menyikat gigi Anda setelah makan.

Selain gigi, lidah juga perlu dibersihkan dengan menyikatnya secara hati-hati untuk mengurangi bau mulut.  Jika Anda memakai gigi palsu atau peralatan gigi, maka setidaknya bersihkan secara menyeluruh sesuai arahan dokter.  

Selanjutnya, Anda juga perlu menghindari mulut kering, caranya adalah dengan Untuk menjaga kelembapan mulut, hindari tembakau dan minum banyak air, serta Anda juga dapat mengunyah permen karet atau isap permen untuk merangsang air liur.  Terakhir, jika diperlukan Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah bau mulut itu.

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 21:27 WIB

Diturunkan di Warung, Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Awalnya Indra menduga ambulans tersebut akan menjemput keluarga Ayu yang lain.
Ayu Bunga Lestari (18 tahun) dan ibunya saat berada di sebuah warung, depan RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 21:00 WIB

Tanpa Bahan Kimia, 6 Cara Alami Mengobati Pilek dengan Rempah-rempah

Meskipun rempah-rempah tradisional ini dapat membantu meredakan gejala pilek, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air untuk membantu tubuh melawan infeksi.
Ilustrasi. Sakit Flu Pilek dan Batuk (Sumber : pexels/lucianphotography)
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay