7 Hal Paling Menyeramkan di Luar Angkasa yang Bisa Berdampak pada Bumi

Sabtu 20 Agustus 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Membicarakan tentang Luar Angkasa memang tidak akan pernah ada habisnya. Ruang hampa yang penuh dengan misteri ini selalu menarik untuk dibahas termasuk jutaan benda yang ada didalamnya dan hal-hal menyeramkan lainnya yang dapat berdampak pada bumi.

Benda-benda yang bisa terlihat sangat indah dari tangkapan teleskop itu, kenyataan bisa menjadi benda paling menyeramkan di Luar Angkasa

Melansir dari Live Science inilah tujuh hal paling menyeramkan di Luar Angkasa yang sangat menarik untuk diketahui.

Baca Juga :

1. Megakomet

photoKonsep seniman yang menunjukkan perbandingan ukuran inti komet. Inti komet C/2014 UN271 (Bernardinelli-Bernstein) berukuran 85 mil (137 kilometer) - (NASA, ESA, Zena Levy (STScI))</span

Pada tahun 2021 para ilmuwan menemukan komet terbesar (megakomet) di luar angkasa dengan inti es 50 kali lebih besar dari pegang rekor sebelumnya dan memiliki massa 100.000 kali lebih besar dari komet rata-rata.

Megakomet ini diberi nama C/2014 UN271 (Bernardinelli-Bernstein), yang pada awalnya sempat diklasifikasikan sebagai planet minor atau planet kecil.

Para ilmuwan juga memprediksi jika megakomet ini akan melintas di dekat bumi pada tahun 2031 mendatang dengan jarang sekitar 1,6 miliar km.

Disebut C/2014 UN271, komet ini awalnya diklasifikasikan sebagai planet kecil. Para ilmuwan 

2. Tabrakan dengan Andromeda

photoIlustrasi Dalam waktu sekitar 4 miliar tahun, galaksi Bima Sakti kita akan bergabung dengan galaksi tetangga Andromeda, dengan yang terakhir tampak besar di langit malam Bumi. - (NASA/ESA Z. Levay dan R. van der Marel/STScI )</span

Para ilmuwan memprediksi jika galaksi Bima Sakti dan Andromeda suatu hari nanti akan bertabrakan dan itu merupakan hal yang akan sangat menyeramkan. 

Walaupun jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari bumi, namun Andromeda merupakan galaksi terbesar dalam grup lokal.

3. Bencana Besar Suar Matahari

photoNASA Bagkikan Gambar Badai Geomagnetik - (Twitter @NOAASatellites)</span

Matahari saat ini terus-terusan membombardir Bumi dengan partikel berenergi yang tinggi. 

Melansir dari suara.com, perubahan magnet di dalam matahari dapat menyebabkan suar Matahari atau semburan yang melontarkan sinar-X dan energi dalam jumlah besar.

Dampak dari hantaman suar matahari ini dapat menyebabkan pemadaman pada sinyal navigasi dan komunikasi. 

Selain itu, badai geomagnetik juga dapat menghantam Bumi yang berpotensi mengganggu komunikasi dan jaringan listrik.

Badai geomagnetik paling kuat yang pernah ada dikenal sebagai Peristiwa Carrington yang terjadi pada 1859, sebelum era teknologi modern.

Jika badai berkekuatan yang sama seperti Peristiwa Carrington terjadi saat ini, itu akan menyebabkan pemadaman internet selama berbulan-bulan. 

Peluang terjadinya badai Matahari besar antara 1,6 persen dan 12 persen per dekade.

4. Lubang Hitam Jahat di Galaksi Bimasakti

photoIlustrasi Lubang Hitam - (iStock)</span

Lubang Hitam merupakan benda paling menakutkan di luar angkasa. Dan di galaksi Bima Sakti sendiri diperkirakan ada 100 juta lubang hitam yang sebagian besarnya berkeliaran.

Tahun 2022 ini, para ilmuwan yang menggunakan teleskop luar angkasa Hubble melihat adanya lubang hitam jahat di Bima Sakti, yang hanya berjarak 5.000 tahun cahaya dari bumi, dengan massa diperkirakan tujuh kali lebih besar dari massa matahari.

5. Adanya Potensi Supernova 

photoIlustrasi SN 1987A adalah supernova paling terang yang terlihat selama lebih dari 400 tahun, dan relatif dekat. - (NASA/CXC/SAO/PSU/K.Frank)</span

Para ilmuwan memperkirakan adanya potensi supernova yang dapat membawa bencana mengerikan pada bumi jika hal itu terjadi.

Bencana tersebut tersebut ialah adanya kemungkinan jika sinar-x berenergi tinggi dan sinar gamma dari supernova yang lebih jauh dapat berinteraksi dengan atmosfer bumi dan dapat merusak lapisan ozon, sehingga memudahkan radiasi ultraviolet berbahaya dari matahari masuk ke bumi.

Supernova yang dekat tidak mungkin terjadi; meskipun salah satu bintang raksasa merah paling terkenal, Betelgeuse, berada di puncak supernova , jaraknya hampir 650 tahun cahaya, yang berarti tidak mungkin mempengaruhi tata surya kita.

Supernova terdekat dengan Bumi yang diamati langsung oleh para astronom dalam 400 tahun terakhir adalah 1987A (SN 1987A) . 

Ditemukan di Awan Magellan Besar, galaksi satelit Bima Sakti, ia menyala dengan kekuatan 100 juta bintang selama berbulan-bulan setelah penemuannya pada 23 Februari 1987.

6. Akan Ada 154.741 Asteroid

photoIlustrasi Asteroid - (NASA/JPL-Caltech)</span

Banyak benda di luar angkasa yang mengintai tata surya kita dan kemungkinan besar masih banyak asteroid tak dikenal diluar sana yang dapat menghancurkan kehidupan di Bumi, seperti yang sebelumnya terjadi yang memusnahkan dinosaurus 66 juta tahun lalu.

Para ilmuwan telah menemukan lebih banyak asteroid di tata surya kita setiap harinya, berkat survei teleskop.

Dan faktanya ilmuwan berpikir jika ada 90 persen objek di dekat bumi ‘pembunuh planet’ yang memiliki diameter 0,6 mil dan 50 persennya telah ditemukan.

Namun, teleskop ruang angkasa Gaia Badan Antariksa Eropa mengungkapkan jika tahun ini ada sekitar 10 kali lebih banyak asteroid di tata surya dari pada yang diperkirakan oleh astronom.

Kumpulan data baru mencakup lebih dari 150.000 objek di tata surya, kebanyakan dari mereka adalah asteroid.

7. Gerhana Matahari Total

photoGerhana matahari total 21 Agustus 2017 - (NASA/MSFC/Joseph Matus)</span

Gerhana matahari total adalah peristiwa langit yang memukau, tetapi totalitas juga bisa sedikit menakutkan. 

Pada saat bulan menutupi 95 persen dari piringan matahari, langit menjadi lebih gelap, suhu turun, angin dingin bertiup, setiap rambut di tubuh bisa berdiri, senja kelabu yang menakutkan turun, dan bayang-bayang menajam. 

Jika kita berada di lokasi tinggi yang menghadap ke lanskap yang luas, kita juga dapat melihat bayangan bulan berlari ke arah kita hingga menelan kita dan semuanya akan menjadi gelap.

Dan hal tersebut bisa saja membuat matahari tidak akan pernah kembali menerangi bumi.

Itulah tujuh hal paling menakutkan di luar angkasa yang dapat berdampak pada bumi yang kami lansir dari Live Science.

Baca Juga :

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)