Light Dark

Sambut HUT ke-77 RI: Google Doodle Tampilkan Karya Ilustrator Jawa Barat

Gaya Hidup | 17 Aug 2022, 15:00 WIB
Google ikut memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dengan menampilkan karya ilustrator asal Jawa Barat | google.com

SUKABUMIUPDATE.com - Google ikut memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dengan menampilkan karya ilustrator asal Bandung, Jawa Barat, Wastana Haikal.

Google Doodle tersebut memperlihatkan lima orang yang memakai pakaian adat tengah menaiki sebuah perahu.


Advertisement

Dalam laman doodle Google yang diberi judul “Indonesia Independence Day 2022” ini Google menulis jika Doodle kali ini terinspirasi dari salah satu tradisi yang ada di Indonesia dan kerap difestivalkan secara rutin, yakni Festival Pacu Jalur dan Google menyebutnya boat race (pacu perahus).

Baca Juga :

Festival Pacu Jalur sendiri merupakan event balapan perahu terbesar di Indonesia dengan rangkaian pertunjukan berupa tarian dan diiringi lagu tradisional dan diadakan rutin setiap tahun.

Dalam setiap pelaksanaannya sekitar 100 perahu berpartisipasi dalam Festival Pacu Jalur yang menyusuri Sungai Batang Kuantan di Provinsi Riau.


Advertisement

Perahu-perahu tersebut biasanya didekorasi dengan meriah dan semenarik mungkin untuk menambah kemeriahan acara tersebut. Setiap perahu dinaiki oleh 60 orang dalam satu tim dengan memakai pakaian tradisional.

“festival pacu jalur merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajarkan pentingnya kerja sama tim. Sebuah pesan yang selaras dengan semboyan nasional Indonesia, Bhinekka Tunggal Ika (Bhinneka Tunggal Ika),” tulis Google dalam laman Google doodles.

photoGoogle doodle spesial hari kemerdekaan RI - (Istimewa)

Karena keunikannya festival pacu jalur menjadi perhatian warga lokal, wisatawan lokal hingga mancanegara.

Masyarakat Indonesia diketahui kerap memperingati Hari Kemerdekaan dengan acara-acara meriah seperti parade, karnaval, dan marching band dan Google Doodle spesial Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 ini menggambarkan kemeriahan perayaan warga Indonesia.

Baca Juga :

Meskipun tanpa unsur merah-putih dari bendera nasional Indonesia. Namun, identitas bangsa tergambar dari pakaian tradisional yang dikenakan kelima orang diatas perahu dalam doodle.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran