Peringati HUT ke-77 RI: 10 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Rabu 17 Agustus 2022, 11:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - 17 Agustus 1945 menjadi momen bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dan kini bangsa Indonesia tengah memperingati HUT ke-77 tahun.

Dalam proses kemerdekaan Indonesia yang diraih tak semata-mata atas perjuangan dari dalam, tetapi juga adanya pengakuan dari negara lain. Melansir dari Tempo.co, diketahui ada beberapa negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. 

Pengakuan dari negara lain menentukan keabsahan berdirinya sebuah negara. Berdasarkan Hukum Internasional dalam Pasal 1 Konvensi Montevideo Convention on Rights and Duties of States tahun 1933 disebutkan bahwa ada empat syarat negara dianggap baru.

Baca Juga :

Peringati HUT Ke-77 RI: Sejarah dan Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Yakni mempunyai populasi manusia yang tetap, memiliki daerah teritorial yang stabil, membentuk struktur pemerintahan berdaulat, dan memperoleh pengakuan dari negara lain.

Begitu pula dengan Indonesia, setelah proklamasi pada 17 Agustus 1945. NKRI berupaya mewujudkan syarat keempat, yaitu diakui negara lain.

Kerja keras para pendiri bangsa untuk mendapatkan pengakuan sebagai negara merdeka tidaklah mudah. Pasalnya, ada pula negara yang tak mau mengakui kemerdekaan Indonesia.

Nah, sebagai informasi, berikut daftar sepuluh negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.

photoTulisan tangan bung Karno, naskah asli Proklamasi Kemerdekan Indonesia - (istimewa)</span

1. Mesir

Secara de facto, Mesir mengakui Indonesia merdeka pada tanggal 22 Maret 1946. Selanjutnya pada 10 Juni 1947, Perdana Menteri Mesir menandatangani pengakuan secara de jure yang disaksikan oleh AR Baswedan dan Agus Salim.

Penandatanganan ini menjadi awal mula hubungan bilateral antar dua negara. Persamaan mayoritas pemeluk agama Islam dan rasa persaudaraan menjadi alasan Mesir mengakui kedaulatan Indonesia. Kesepakatan ini tertuang dalam buku ‘Indonesia, Islam, and Democracy’ karya Azyumardi Azra.

Baca Juga :

2. Palestina

Sebelum proklamasi, Palestina termasuk negara diawal yang mengucapkan selamat kepada Indonesia tepatnya pada 6 September 1944.

Melalui Radio Berlin, Jerman, Syekh Muhammad Amin Al Husaini mengungkapkan rasa bahagianya atas kemerdekaan Indonesia. Deklarasi dari Palestina sangatlah penting untuk memacu semangat perjuangan para pahlawan kedepannya.

3. Arab Saudi

Didasari ikatan agama yang sama, Arab Saudi menjadi salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 18 November 1946. Setelahnya, kerjasama keduanya pun mulai terjalin hingga sekarang.

Di tahun 2017, Raja Salman pernah berkunjung ke Nusantara untuk membuka peluang masuknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan memberikan kemudahan aturan haji serta umroh.

4. Lebanon

Lebanon mengakui kemerdekaan Republik Indonesia secara de jure pada 29 Juli 1947. Dari pernyataan tersebut, terjalinlah kerja sama antarnegara yang semakin erat. Kemudian, pada tahun 1996, kedutaan besar RI secara resmi didirikan di ibukota Lebanon, Beirut.

Walaupun dalam masa krisis ekonomi, hubungan antara Indonesia dengan Lebanon tetap terjalin erat. Salah satunya ditandai dengan pemberian bantuan sosial dan pembangunan Indonesian Corner di Lebanese University.

5. Suriah

Suriah pernah tergabung dalam misi perjuangan Indonesia pada Agresi Militer Belanda di Sidang PBB tahun 1947. Beruntungnya agresi tersebut dapat dihentikan melalui perundingan.

Suriah termasuk salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia secara de jure. Sesudahnya hubungan antara Suriah dengan Indonesia semakin akrab. Salah satunya ditandai dengan membentuk hubungan diplomatik.

6. Irak

Selesainya Perang Dunia II, Irak mengakui Indonesia sebagai negara merdeka. Kedua negara kemudian menjali hubungan terutama dalam hal hubungan diplomatik sejak tahun 1950. Setidaknya, sudah ada 15 perjanjian yang berhasil diresmikan berkat hubungan diplomatik.

Baca Juga :

7. Vatikan

Tidak hanya negara-negara Timur Tengah, negara dari Benua Eropa, yakni Vatikan mendukung penuh kemerdekaan Indonesia. Pengakuan tersebut disampaikan pada 6 Juli 1947.

Hal ini ditandai dari pembentukan kedutaan besar Vatikan atau Apostolic Delegate di Jakarta. Vatikan dan Indonesia mengangkat prinsip kenegaraan yang sama, yaitu menginginkan perdamaian dunia dan menciptakan kerukunan antarumat beragama.

8. Yaman

Yaman mulai mengakui kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara pada 3 Mei 1948. Negara di timur tengah ini sudah terlibat dalam berbagai proyek dengan Indonesia selama 74 tahun.

Diantaranya dalam bidang ekonomi, politik, sampai sosial budaya. Di tahun 2018, Yaman berhasil mengirimkan komoditas unggulan negaranya ke Indonesia, yakni gandum senilai 632.546 US dollar.

9. Afghanistan

Afghanistan juga menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 23 September 1947, Afghanistan secara resmi menyatakan Indonesia adalah negara merdeka.

Sedangkan tanggal 24 April 1955, telah ditandatangani perjanjian Treaty of Friendship antardua negara yang diselenggarakan di Bandung.

10. Turki

Dukungan Turki untuk kedaulatan Indonesia diawali pada 29 Desember 1949. Tentunya hal ini mendapat respons negatif dari Belanda.

Namun Turki tak gentar untuk menjadi bagian negara yang menyatakan kemerdekaan Indonesia. Berbagai bentuk kerja sama masih terus terjalin di antara dua negara. Pada 10 April 1957, Turki mendirikan kedutaan besarnya di Jakarta.

Itulah sepuluh negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya negara-negara Timur Tengah atau Liga Arab, sebenarnya masih ada negara lain yang berjasa dalam pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan NKRI, seperti Australia, India, dan Ukraina.

SUMBER: TEMPO.CO/MELYNDA DWI PUSPITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer