Light Dark

Mobil Nyelonong Tabrak Toko di Cibadak Sukabumi, Ini Fungsi Penting Rem Tangan

Mobil | 16 Aug 2022, 16:45 WIB
(Ilustrasi) Rem tangan pada mobil atau ada juga yang menyebutnya rem parkir menjadi komponen penting pada kendaraan | freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Rem Tangan pada Mobil atau ada juga yang menyebutnya rem parkir menjadi komponen penting karena menjadi salah satu komponen penunjang keselamatan kendaraan.

Tak jarang saat Rem Tangan tidak berfungsi atau rusak bisa mengakibatkan kecelakaan seperti yang terjadi di Cibadak Sukabumi.


Advertisement

Sebuah toko oleh-oleh di Jalan Suryakencana, tepatnya di depan terminal Cibadak, Kabupaten Sukabumi, ditabrak colt mini, Senin (15/8/2022) malam. Insiden ini terjadi akibat Mobil yang akrab disebut Colt Bogoran itu melaju sendiri saat ditinggal sopirnya untuk membeli rokok.

Baca Juga :

Menurut sang sopir, Yanto, Mobil tersebut tidak memiliki rem tangan. Padahal dia sudah memberitahu kepada pemilik Mobil agar memasang rem tangan. “Emang gak ada rem tangannya, sudah saya laporin tapi belum dipasang juga," ujar Yanto.

Kejadian itu menjadi bukti betapa pentingnya Rem Tangan pada Mobil sehingga perlu rutin dirawat agar selalu bekerja dengan baik.


Advertisement

Fungsi Rem Tangan

photoIlustrasi rem tangan elektrik. - (carscoops.com)

Melansir laman suzuki.co.id, fungsi Rem Tangan yaitu untuk menjaga agar kendaraan tetap diam ketika parkir. Khususnya saat berada di jalanan yang tidak rata seperti naik atau turun. 

Fungsi Rem Tangan juga tidak hanya sebatas itu saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai alternatif pengereman di saat darurat.

Namun tetap perlu diperhatikan ketika Anda sedang menggunakan rem di area jalanan yang sangat curam, ban Mobil tetap harus diganjal dengan batu atau kayu supaya lebih aman, apalagi jika Anda akan berhenti dalam waktu lama.

Baca Juga :

Beberapa Cara Penggunaan Rem Parkir pada Mobil

Rem parkir atau Rem Tangan pada Mobil memiliki beberapa jenis cara penggunaan. Dan berikut jenis-jenisnya

1. Rem Tangan Jenis Stick

Mobil manual dan otomatis masih menggunakan rem jenis ini. Bentuknya sendiri berupa stik dan letaknya di konsol tengah, tepatnya di samping kiri kursi pengemudi. Bagian ujungnya dilengkapi dengan tombol yang bisa ditekan. 

Fungsi tombol tersebut adalah untuk melepaskan kunci gear agar stik bisa naik atau diturunkan sesuai kebutuhan. Cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol kemudian naik atau turunkan stik. 

2. Rem Tangan Jenis Pedal

Jenis yang kedua ini letaknya sejajar dengan pedal gas. Sesuai dengan namanya yaitu pedal, maka cara penggunaannya adalah dengan diinjak seperti gas dan kopling. Saat ini Mobil otomatis lah yang menggunakan jenis rem ini. 

Anda harus menginjak rem sampai dalam agar berfungsi dan mengunci, sedangkan untuk mengembalikannya tinggal injak yang dalam sekali lagi.

Baca Juga :

3. Rem Tangan Jenis Tombol

Dibandingkan kedua jenis rem tangan Mobil di atas, model tombol adalah model yang paling mudah digunakan. Cara menggunakannya adalah dengan menarik tuas sedikit yang ada pada tombol rem. Maka rem akan bekerja dan Mobil akan berhenti. 

Masih belum banyak Mobil di Indonesia yang menggunakan jenis rem ini. Istilah lain untuk menyebutnya adalah Rem Tangan elektrik. 

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran