Garuda dan Soekarno, Karya Pemuda Cisarua Kadudampit Sukabumi untuk Indonesia

Senin 15 Agustus 2022, 17:21 WIB

BALEWARGA - Terus berkarya demi Indonesia. Itulah semangat para pemuda kreatif di Kampung Cisarua Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi dengan ragam karya lukisan temboknya. 

Tahun 2022 ini, mereka kembali menyajikan imajinasi gambar-gambar bertema kemerdekaan. Lokasinya di tembok samping rumah warga di RT 09/02 sebelah lapangan pinggir jalan Cisarua yang akan digunakan sebagai lokasi berbagai acara Perayaan HUT RI Ke-77, 17 Agustus 2022 mendatang.

Tiga hari tiga malam, para pemuda mengerjakan lukisan tembok dengan dimensi 9 kali 6 meter tersebut. "Tahun ini kami memilih tema Garuda dan Soekarno dengan balutan warna merah dan putih," ucap Gungun Gumilar, juru bicara pemuda kampung Cisarua, Senin 15 Agustus 2022.

Bukan tanpa alasan, kita mengambil tema gambar  soekarno dan burung garuda untuk tema lukisan tembok pada HUT RI kali ini, sambung pria berusia 27 tahun ini. Soekarno adalah salah satu icon pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, diantara banyak figur lainnya yang ikut berjuang demi lepas dari belenggu penjajahan. 

Baca Juga :

"Burung garuda adalah lambang negara pancasila yang di dalamnya terdapat semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua," beber Gungun.

Dengan memilih dua karakter ini, para pemuda Cisarua berharap lukisan HUT RI ke 77 kali ini menguatkan pesan 'Jangan lupa sejarah para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan indonesia dengan semangat pemuda yang berbeda karakter tetapi bersatu, kompak tanpa melihat perbedaan satu sama lain demi satu tujuan menjaga kemerdekaan yang telah ada dan diberikan oleh para pahlawan'.

photoGambar lukis tembok karya pemuda Cisarua Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi sambut HUT RI - (istimewa)</span

"Dana yang dihabiskan hanya tersebut untuk beli cat saja yaitu sebesar Rp. 650.000. Dari uang kas pemuda dan donatur warga sekitar, gambar tersebut selesai dengan durasi pengecatan 3 hari 3 malam kerja non stop," ungkap Gungun.

Lukisan gambar ini memiliki skala 1:10, dibuat untuk kepentingan background foto warga agar lebih antusias menghadiri dan ikut memeriahkan acara HUT RI Ke-77 pada tanggal 17 agustus 2022 mendatang.

Baca Juga :

Peringatan Hari Besar Nasional atau PHBN adalah salah satu Agenda tahunan pemuda Cisarua Desa Sukamanis Kadudampit Kabupaten Sukabumi, untuk berkarya. Dengan tema gerakan 'GIAT PEMUDA CISARUA', tahun ini akan diadakan banyak perlombaan. 

Rencananya akan dilangsungkan 12 perlombaan menarik untuk warga dan diakhiri dengan hiburan malam. Dimulai pada jam 08.00-22.00 WIB, pada 17 Agustus 2022 mendatang. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 18:39 WIB

5 Partai Resmi Berkoalisi di Pilkada Sukabumi 2024: Optimis Rebut Kursi Bupati

Menghadapai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, 5 partai di Kabupaten Sukabumi resmi berkoalisi, yaitu PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP.
5 partai politik resmi berkoalisi di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi, Sabtu 04 Mei 2024 | Foto : Asep Awaludin
Life04 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak

Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang terkadang sulit. Sehingga orang tua tidak boleh mengeluarkan kalimat yang membuat anak trauma.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak. Sumber : pexels.com/@Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist