Hari Pramuka, Inilah Kisah Awal Pramuka dan Logo Nyiur Tumbuh Lurus

Minggu 14 Agustus 2022, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari Pramuka, hari Pramuka sendiri adalah hari yang diperingati setiap tahunnya sebagai hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia.

Mengutip dari Tempo.co, menurut laman pramukadiy.or.id, pramuka atau scouting diperkenalkan oleh Lord Baden Powell pada 1907 sebagai cara untuk membina remaja di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan. Ia melakukan pramuka secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan cara berkemah di pulai Brownsea selama 8 hari.

Dilansir dari pramukababel.or.id, di Indonesia sendiri gerakan pramuka telah dimulai sejak 1923 dimana didirikannya Nationale Padvinderij Organisatie atau NPO oleh pemerintah kolonial Belanda di Bandung, Jawa Barat.

Selain itu, pemerintah kolonial Belanda juga mendirikan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie atau JIPO di Jakarta. Selanjutnya, pada 1926 kedua organisasi ini meleburkan diri menjadi satu, bernama Inonesische Nationale Padvinderij Organisatie atau INPO di Bandung.

Baca Juga :

HUT Pramuka ke-61, Keseruan Kemping Pelajar di Bojonggenteng Sukabumi

Kemudian, setelah Indonesia mencapai proklamasi kemerdekaan, beberapa tokoh kepanduan berkumpul di Yogyakarta untuk membentuk Panitia Kesatuan Kepanduan Indonesia sebagai sebuah panitia yang bekerja untuk pembentukan satu wadah organisasi kepanduan untuk seluruh bangsa Indonesia dan segera mengadakan Kongres Kesatuan Kepanduan Indonesia.

Pada 27 hingga 29 Desember 1945 di Surakarta, kongres tersebut berhasil dilaksanakan dengan hasil terbentuknya Pandu Rakyat Indonesia.

Lalu, pemerintah Indonesia mengakui organisasi ini sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditetapkan dengan keputusan Mentri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan No. 93/Bag. A, tertanggal 1 Februari 1947.

Mengacu pada Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960 pada 3 Desember 1960 tentang Rencana Pembangunan Nasional Semesta Berencana, di dalam Pasal 330 huruf C menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila, kemudian di Pasal 741 juga menyatakan tentang penertiban kepanduan dan pada Pasal 349 Ayat 30 menyatakan bahwa pendidikan kepanduan agar diintensifkan dan mendirikan organisasi Pramuka.

Dilansir dari pramukababel.or.id, kemudian pada 9 Maret 1961 Presiden Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh kepanduan di Istana Negara untuk memperbaharui dan mengganti seluruh metode dan aktivitas kepanduan dan meleburkannya menjadi satu sebagai organisasi Pramuka.

Presiden Soekarno menunjuk Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Menteri P dan K Prof. Prijono, Menteri Pertanian Dr. A. Azis Saleh dan Menteri Transmigrasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa, Achmadi.

Gerakan Pramuka Indonesia resmi diperkenalkan kepada khalayak pada 14 Agustus 1961 setelah Presiden Republik Indonesia, Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 448 Tahun 1961. Sejak saat itu, gerakan pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus di Indonesia.

Makna dari Logo Pramuka Indonesia

photoPotret Pelajar di Bojonggenteng Peringati HUT Pramuka dengan Kegiatan Kemping - (Istimewa)</span

Selanjutnya, mengenai logo pramuka sendiri tertuang pada Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pada Pasal 48 dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Bab VII Pasal 120 yang menyatakan bahwa lambang dari Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa.

Penjabaran makna dari logo pramuka tertuang dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional No. 06/KN/72 yang memiliki 6 makna kiasan.

Buah Nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Sehingga lambang buah Nyiur yang tumbuh tersebut mengkiaskan, bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Buah Nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang tersebut mengkiaskan, bahwa setiap Pramuka adalah seorang yang rokhaniah dan jasmaniah sehat, kuat dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.

Nyiur dapat tumbuh di mana saja, yang membuktikan besarnya daya dan upayanya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya.

Yang dapat dimaknai bahwa tiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun juga.

Nyiur bertumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Sehingga dapat dimaknai bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus yang mulia dan jujur dan tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

Akar Nyiur yang bertumbuh kuat dan erat di dalam tanah melambangkan bahwa tekad dan keyakinan tiap Pramuka mempunyai dan berpegang kepada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

Nyiur adalah pohon yang serbaguna, dari ujung hingga akarnya. Sehingga itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia. 

SUMBER: TEMPO.CO/MUHAMMAD SYAIFULLOH

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 10:46 WIB

5 Rahasia Cepat Kaya Orang China yang Bisa Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang China identik dengan pribadi yang kaya dan pebisnis. Tentunya, di balik itu semua ad acara berpikir yang membuatnya sukses sampai tujuh turunan
Ilustrasi - Cara kaya ala orang China (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)
Kecantikan29 Maret 2024, 10:45 WIB

5 Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Artikel ini akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengidentifikasi foundation yang tepat untuk kulit Anda, termasuk cara memilih warna yang sesuai, mengetahui tekstur foundation yang sesuai, dan memilih coverage atau tutupan yang sesuai dengan kulit.
Ilustrasi. Make Up. Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang. Sumber: pixabay.com