Light Dark

Tahun Ini Hanya Tiga Pocong Kongkow di TPU Pangkalan Baros Sukabumi

Sukabumi | 13 Aug 2022, 22:26 WIB
Pocong kemerdekaan. Cara warga di sekitar TPU Pangkalan Baros Sukabumi meriahkan HUT RI | riza

SUKABUMIUPDATE.com - Kreatifitas warga Pangkalan Baros Kota Sukabumi Jawa Barat menyambut HUT RI tidak surut. Jika yang lain sibuk buat pesawat, hewan atau gapura, warga Pangkalan tetap mempertahankan ide 'tidak biasa', yaitu bikin Pocong kemerdekaan Republik Indonesia.

Tapi tahun ini, hanya ada 3 Pocong yang kongkow di Pemakaman Pengkalan. Tepatnya di Kampung Pangkalan RT 03/06 Kelurahan Sudajayahilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. 


Advertisement

Ketua RW 06 Aceng (36 tahun) menyebut tiga Pocong itu bukan sedang atau untuk menakuti-nakuti. Ketiga Pocong itu karya warga setempat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77. 

"Iya, memeriahkan kemerdekan, biasanya tahun-tahun sebelumnya banyak, tahun 2021 kemarin ada 9 Pocong di sini (pemakaman Pangkalan)," kata Aceng saat ditemui di lokasi pemakaman. 

Lanjutnya, ketiga Pocong tersebut mereka pasang sejak tanggal 7 Agustus 2022. Ketiganya dibuat dari pohon hanjuang lalu ditutup kain kafan dan mukena bekas, kemudian diikat menggunakan tali sampai menyerupai Pocong. 

"Paling 20 hari, tgl 19 dibongkar, itu kainnya ada yang dari kain kafan, yang duanya dari mukena, yang jelas ini bukan untuk nakut-nakuti warga disini juga mendukung semua, Malahan waktu camat ke sini (hebat inisiatif sendiri) Pak wali sempet lihat (tahun kemarin)," tuturnya. 


Advertisement

Baca Juga :

Aceng menambahkan dibikinnya pocong-pocong tersebut selain memeriahkan HUT RI, dia juga bilang sebagai pengingat akan kematian. 

"Mengingatkan, Sifatnya manusia pasti berpulang semua.itu salah satu pesan, untuk penampakan disini tidak ada, Saya hampir 15 tahun nggak pernah ada. Tapi tahun kemarin ada yang cerita bikin 9 tapi ternyata 10 mungkin halusinasi saja itu mah," jelasnya.

Bagi warga yang sudah paham tentu tidak masalah. Tapi bagi warga yang baru tahu lumayan dibuat kaget.

Salah satunya, warga Citamiang Nurfalah Ramadan (25 tahun) dibuat kaget saat melintas di Jalan Widya Karma. Saat melintasi pemakaman, ia melihat ada Pocong kongkow siang bolong. 

"Pas saya lewat saat hujan tadi kaget lihatnya dikira beneran, pas saya berhenti ternyata pocong-pocongan," ujarnya saat dihubungi sukabuniupdate.com Sabtu (13/8/2022).

Image

Riza

Image

Fit NW

Redaktur