Light Dark

Perbedaan Nutrisi dan Manfaat Bayam Merah dan Bayam Hijau

Sehat | 13 Aug 2022, 23:00 WIB
(Ilustrasi) Bayam Merah dan Bayam Hijau Miliki Nutrisi dan Manfaat yang Berbeda | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak jenis, mulai dari Bayam Hijau dan bayam merah. Menjadi sayuran yang banyak dikonsumsi orang, ternyata Bayam Merah dan bayam putih ini memiliki Manfaat serta Nutrisi yang berbeda.


Advertisement
photo(Ilustrasi) Bayam Hijau - (Unplash Louis Hansel)

Dikutip oleh Tempo.co dari Medical News Today dalam Bayam Hijau mentah banyak Nutrisi yang terkandung, seperti: 7 kalori, 0,86 gram protein, 29,7 miligram kalsium, 0,81 gram besi, 24 miligram magnesium, 167 miligram kalium, 141 mikrogram vitamin A, 58 mikrogram folat.

Sedangkan dalam Bayam Merah memiliki 60,33 persen vitamin C, 49,43 persen mangan, 37, 25 persen zat besi, 27, 60 persen kalsium, 26, 14 persen vitamin A.


Advertisement

Baca Juga :

Manfaat Bayam Hijau

Bayam hijau memiliki banyak Manfaat karena mengandung banyak vitamin, mineral dan, senyawa yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh seperti:

1. Manajemen Diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, yang menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah oksidatif, perubahan yang diinduksi stres pada pasien dengan diabetes.

2. Pencegahan Kanker

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil, pigmen yang memberi warna hijau pada tanaman. 

Penelitian menunjukkan klorofil mungkin memiliki sifat antikanker dan orang yang makan makanan kaya sayuran hijau mungkin memiliki lebih rendah terkena risiko kanker.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Karena kandungan potasiumnya yang tinggi, bayam  dapat mengurangi atau mengelola tekanan darah tinggi. 

Kalium dapat membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh. Selain itu, asupan kalium yang rendah mungkin sama kuatnya dengan faktor risiko untuk mengembangkan tekanan darah tinggi seperti halnya asupan natrium yang tinggi.

Manfaat Bayam Merah

Tak jauh beda dengan bayam hijau, Bayam Merah juga memiliki banyak Manfaat bagi kesehatan antara lain:

1. Mengobati Anemia 

Bayam merah sangat bermanfaat untuk perkembangan aliran darah di sistem dalam tubuh karena mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. 

Konsumsi Bayam Merah setiap hari dapat memurnikan darah dan meningkatkan kadar hemoglobin, sehingga secara alami meningkatkan aliran darah. 

Jika menderita anemia, harus memasukkan Bayam Merah ke dalam diet rutin.

2. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Menurut berbagai penelitian, makan Bayam Merah setiap hari dapat meningkatkan fungsi ginjal, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Daun pada bayam lebih bermanfaat untuk ginjal, oleh karena itu, ini akan membantu membuang racun dari tubuh jika mengkonsumsinya bersama dengan daunnya.

3. Mengobati Asma

Dalam mengobati penyakit kronis betakaroten sangat efektif. Bayam Merah memiliki kandungan betakaroten yang baik serta Nutrisi yang dapat membantu untuk mencegah timbulnya penyakit asma. 

Ini membersihkan segala batasan di saluran bronkial dan meningkatkan fungsi sistem pernapasan.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | YOLANDA AGNE 

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah