Light Dark

Lestari dan Prestasi: Jajal Jurus 5 Suradean, Silat Macan Manglayang Sukabumi

Arena | 12 Aug 2022, 18:55 WIB
Lambang perguruan SBD Pencak Silat Macang Manglayang Surade di Sukabumi Jawa Barat | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kiprah perguruan Pencak Silat Macan Manglayang cukup menonjol akhir-akhir ini. Padepokan Seni Bela Diri asal Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat ini mencatat sejumlah prestasi, baik tingkat nasional, regional maupun lokal.

Berlokasi di Jalan Raya Eyang Raden Santri Dalem Kampung  Nagrak II Surade RT 005/006 Kelurahan/Kecamatan Surade, Macang Manglayang berdiri sejak 2015 dibawah pimpinan Abah Aang Nasrudin. Padepokan ini dikenal dengan jurus 5 suradean. 


Advertisement

Baca Juga :

Pembina Prestasi (Binpres) SBD Macan Manglayang Surade, Herman Zais mengatakan saat ini punya 50 murid, mulai dari usia Paud, SLTP , SLTA, dan dewasa. Padepokan ini bersyukur dengan sejumlah prestasi yang diraih para pesilatnya.

Seperti juara 1 tingkat nasional kategori rampak anak putra, dalam FORNAS VI  2022, pada tanggal 03 Juli 2022 di Jakabaring Palembang, mewakili Jawa Jawa Barat. "Prestasi dari Rafki Andra Wijanga (9th tahun), M. Alpis Nalendra (11 tahun), Satria Eltra Budiman (11 tahun), Rainu (13 tahun), dan Fawaz Gaprilla Herman (12 tahun)," bebernya kepada sukabumiupdate.com, Jumat 12 Agustus 2022.

photoAksi pesilat cilik dari perguruan SBD Pencak Silat Macang Manglayang Surade Sukabumi - (istimewa)


Advertisement

Pada tanggal 5 - 7 Agustus 2022, dua atlet SBD Macan Manglayang mewakili Kabupaten Sukabumi, dalam kejuaran antar pelajar  di GOR Pajajaran Bandung, jelas Herman, mereka adalah Fawaz (12 tahun), dan Rainu (13  tahun), bertanding pada ganda remaaja putra. 

"Mereka berdua dinobatkan sebagai atlet termuda se Jawa Barat. Prestasi dalam kejuaraan tersebut, masuk 5 besar," terangnya.

Baca Juga :

Menurut Herman selama ini tidak ada kendala dalam melatih anak anak. Latihan dilakukan seminggu 3 kali, malam Kamis pukul 19. 00 - 22:00 WIB, malam Sabtu pukul 19. 00 - 22. 00 WIB, serta Minggu pagi pukul 07. 00 - 11:00 WIB. 

"Alhamdulilah banyak dukungan, terutama dari para orangtua murid. Selain melestarikan seni bela diri Pencak Silat, juga mengembangkan potensi anak, untuk berprestasi dalam setiap ajang kejuaraan," pungkasnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur