Light Dark

Mengetahui Fungsi Winglet, Komponen yang Mulai Dipasang pada Motor Komersial

Motor | 11 Aug 2022, 22:15 WIB
Winglet menjadi salah satu komponen yang belakangan populer di kalangan pembalap motor MotoGP yang memiliki fungsi cukup penting | Motogp

SUKABUMIUPDATE.com - Winglet menjadi salah satu komponen yang belakangan populer di kalangan pembalap MotoGP. Ducati disebut-sebut sebagai pelopor pemasangan komponen ini pada Motor balapnya.

Melansir dari Suara.com, penambahan komponen ini awalnya menimbulkan pro dan kontra di kalangan pembalap dan pabrikan, karena dinilai kurang sesuai. Padahal fungsi Winglet pada Motor cukup banyak.


Advertisement

Secara visual jelas Winglet akan membuat Motor tampil lebih keren dan sporty. Selain itu, penambahan komponen ini di bagian depan secara langsung berkaitan dengan aerodinamika dari sebuah Motor itu sendiri.

Baca Juga :

Fungsi Winglet pada Sepeda Motor

Dalam konteks balapan MotoGP sendiri, Winglet memiliki fungsi utama untuk meningkatkan daya tekan atau disebut downforce pada motor, sehingga Motor memperoleh traksi yang dibutuhkan dan tidak terangkat ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Awalnya, Winglet digunakan pada Motor Ducati di tahun 2015, sebelum kemudian populer dan diadaptasi oleh pabrikan lain dalam skena MotoGP. Meski sempat mendapat suara miring, namun kini hampir setiap pabrikan menggunakan komponen tersebut.


Advertisement

Winglet sendiri dipasang pada sisi kiri dan kanan motor, di bagian lampu depan dan bawah stang kemudi. Cengkraman ban depan yang optimal menjadi tujuan utamanya, sehingga Motor tidak mengalami wheelie saat digunakan membalap.

Yang jelas, komponen ini dapat meningkatkan faktor aerodinamika sebuah Motor sehingga mengurangi hambatan angin yang dilibas oleh Motor tersebut.

Penggunaan Winglet pada Motor Komersial

photoSepeda motor yang menggunakan winglet, terpasang pada bagian fairing depan - (Unplash Stephan Louis)

Dinilai cukup berhasil meningkatkan animo publik pada Motor sport, Winglet yang awalnya dipasang pada Motor gelaran MotoGP kemudian juga coba diaplikasikan pada motor-motor komersial yang dipasarkan secara luas.

Sederet Motor kini diketahui memasang Winglet pada bagian depannya, untuk meningkatkan tampilan visual dan memberikan downforce saat berkendara dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga :

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Ducati Panigale V4

Kawasaki Ninja H2R

Aprilia RSV4 Factory 1100

Bimota Tesi H2

Ducati Superleggera V4

Dan masih banyak lagi. Selain itu, diketahui pula komponen Winglet kini juga banyak tersedia untuk motor-motor yang digunakan secara harian, sebagai bentuk modifikasi sederhana untuk menambah tampilannya.

SUMBER: SUARA.COM/I Made Rendika Ardian

Image

Dede Imran

Image

Dede Imran

Redaktur

Image

Reporter