Light Dark

Cara Mencegah Korsleting Pada Mobil yang Bisa Sebabkan Kebakaran

Mobil | 10 Aug 2022, 21:15 WIB
(Ilustrasi) Penting mengetahui cara mencegah korsleting pada mobil mengingat sudah banyak kasus mobil terbakar akibat korsleting | via procarreviews.com

SUKABUMIUPDATE.com - Penting mengetahui cara mencegah Korsleting pada Mobil mengingat sudah banyak kasus kendaraan khususnya Mobil yang hangus terbakar diakibatkan terjadi korsleting.

Karena itu penting mengetahui penyebab Korsleting pada Mobil agar bisa melakukan langkah pencegahan.


Advertisement

Dilansir dari Suara.com, menurut laman The Spruce Korsleting atau hubungan arus pendek listrik merupakan kondisi di mana arus listrik mengalir dari jalur yang lebih pendek, bukan dari jalur yang seharusnya sudah terpasang.

Hal ini, kemudian menyebabkan lonjakan arus listrik yang memicu percikan api kemudian terjadilah ledakan.

Baca Juga :

Korsleting ini dapat terjadi di seluruh perangkat yang dialiri listrik, tidak terkecuali pada Mobil yang sedang melaju seperti yang terjadi di terowongan Gandaria City Tersebut.


Advertisement

Penyebab Korsleting Pada Mobil dan Cara Mencegahnya

photo(Ilustrasi) Petugas Damkar yang berusaha memadamkan mobil terbakar - (Pixabay ReinhardThrainer)

Dilansir dari laman Garda Oto, terdapat berbagai komponen listrik penting yang membuat Mobil pada akhirnya bisa melaju dengan baik, salah satunya adalah aki.

Diantara beberapa faktor yang bisa menyebabkan Korsleting listrik pada mobil, beberapa di antaranya adalah:

1. Kabel Paralel Aki Bermasalah

Salah satu penyebab umum Korsleting pada Mobil adalah kabel paralel pada aki. Baut yang kurang kencang saat proses pemasangan atau service bisa menjadi pemicu terjadinya korsleting.

Baca Juga :

Baut yang kendor dapat menyebabkan kebakaran pada mesin mobil. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa baut aki terpasang dengan sempurna saat Mobil di service.

2. Kabel di Bagian Ruang Mesin

Beberapa Mobil mungkin memiliki banyak kabel tambahan yang tidak standar pada mesinnya. Sayangnya, hal ini menjadi salah satu masalah kelistrikan yang muncul dan kemudian membuat korsleting.

Oleh karena itu, periksalah terminal positif pada aki, jika terdapat banyak kabel tambahan di sana, bisa dipastikan bahwa ada banyak listrik tambahan yang mengalir di dalam mobil.

3. Adanya Kabel Terputus atau Terkelupas

Kabel putus mungkin saja terjadi pada Mobil dikarenakan beberapa kasus, salah satunya adanya hewan yang memakannya karena mereka berhasil masuk ke rangka mobil.

Pada akhirnya, banyaknya kabel yang putus akan membuat arus kelistrikan pada Mobil tidak maksimal dan dapat menyebabkan Korsleting pada Mobil hingga memicu percikan api kemudian.

4. Pemilihan Kabel Tidak Sesuai

Pemilihan kabel listrik Mobil yang tidak sesuai, seperti ukuran yang terlalu besar atau kecil juga dapat menjadi penyebab Korsleting listrik. Hal ini dikarenakan besarnya arus yang mengalir tidak bisa maksimal, karena kabel yang digunakan bukan pasangannya.

Dengan daya tegangan listrik yang berbeda-beda pada komponen kelistrikan yang ada pada mobil. Maka, jenis kabel yang digunakan pun harus menyesuaikan ukurannya demi menghindari Korsleting pada mobil.

SUMBER: SUARA.COM/Hillary Sekar Pawestri

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran