Light Dark

Kenapa Lavender Ampuh untuk Usir Nyamuk? Ini Penjelasannya

Science | 10 Aug 2022, 15:30 WIB
(Ilustrasi) Kenapa Lavender Ampuh untuk Usir Nyamuk? Ini Penjelasannya | Freepik

SUKABUMIUPDTADE.com - Lavender telah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Maka tidak heran jika banyak orang yang menanam tanaman ini di pekarangan rumah atau sebagai pajangan di ruang tamu.

Lantas apa sih hal yang menjadikan Lavender ampuh mengusir nyamuk? Melansir dari Tempo.co, Lavender dihaluskan bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, khususnya bagian minyak esensialnya.


Advertisement

photo(Ilustrasi) Minyak Lavender - (Freepik)

Minyak Lavender mengandung senyawa yang dikenal sebagai linalool. Senyawa ini menghasilkan bau kuat yang menyenangkan bagi manusia  tetapi menjijikkan bagi nyamuk.


Advertisement

Baca Juga :

Setidaknya, 25 persen dari minyak Lavender terdiri atas linalool. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS, linalool merupakan bahan aktif yang banyak digunakan sebagai komposisi produk pengusir nyamuk.

Melansir dari blog.rentokil.co.za, linalool memiliki efek yang sama pada reseptor penciuman Nyamuk seperti diethyltoluamide (DEET), bahan kimia yang digunakan dalam produk pengusir konvensional.  

Menurut sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa minyak Lavender memiliki tingkat 93 persen mengusir Nyamuk di dalam ruangan. Sementara, minyak Lavender efektif sebesar 53 persen untuk Nyamuk di luar ruangan.

Secara keseluruhan, minyak Lavender adalah salah satu pengusir Nyamuk alami yang paling efektif.

Meskipun minyak Lavender dapat mengusir nyamuk, efektivitasnya dapat ditingkatkan bila digunakan dalam kombinasi dengan minyak lain seperti geranium. 

Minyak Lavender harus diencerkan dengan bahan-bahan lain sebelum digunakan pada kulit untuk menghindari iritasi. 

Dilansir healthline.com, Lavender memiliki kualitas analgesik, antijamur, dan antiseptik. Artinya selain mencegah gigitan nyamuk, Lavender juga bisa menenangkan dan menyejukkan kulit.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | NAOMY A. NUGRAHENI 

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah