Simak 8 Jenis Penyakit Kulit yang Kerap Dialami Orang Indonesia

Senin 08 Agustus 2022, 15:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penyebaran cacar monyet telah ramai diperbincangkan di belahan dunia, membuat masyarakat di Indonesia perlu untuk meningkatkan kewaspadaan akan penyakit kulit tersebut.

Kulit sendiri merupakan tameng utama dari luar untuk melindungi dari segala paparan langsung yang masuk ke dalam tubuh. Maka, tidak heran jika ada berbagai jenis penyakit kulit yang dapat menyerang kita.

photo(Ilustrasi) Penyakit Kulit - (Freepik)</span

Di Indonesia sendiri ada banyak penyakit yang sering kali menyerang masyarakat. Dan inilah beberapa penyakit kulit yang kerap dialami orang Indonesia.

Baca Juga :

1. Cacar Air

Cacar air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan keluarnya bintik-bintik merah berisi cairan pada kulit. 

Masalah ini cukup menular, terlebih saat imun tubuh-mu sedang lemah.

Penyakit ini bisa sembuh dengan perawatan di rumah. Namun, dokter bisa menganjurkan obat antivirus untuk membantu proses penyembuhan. Pastikan dikonsumsi secara teratur hingga gejalanya hilang.

2. Eksim

Penyakit kulit ini disebabkan oleh alergi atau iritasi terhadap bahan tertentu. Kemudian, memicu terjadinya peradangan pada kulit dengan gejala utama kemerahan, terasa gatal, dan kering.

Ada beberapa jenis eksim yang dapat terjadi pada anak maupun dewasa, seperti dermatitis atopik dan dermatitis kontak. Cara mengobatinya, bisa dengan menggunakan pelembab. 

Lalu, pada kasus eksim yang sudah cukup parah, wajib memeriksakan diri ke dokter, yang nantinya akan diberi resep obat berupa krim steroid.

3. Kutil

Kutil merupakan penyakit kulit yang dipicu oleh virus HPV. Tampilannya seperti benjolan kasar dengan warna kecoklatan atau merah muda, dan penyakit ini dapat menular.

Meski kutil dapat hilang dengan sendirinya, ada baiknya kamu pergi ke dokter yang akan menganjurkan beberapa metode pengobatan. Diantaranya, cryotherapy, asam salisilat, hingga operasi kecil.

4. Kurap

Kurap adalah infeksi jamur yang berkembang di bagian kulit yang lembab dan hangat, seperti pada sela-sela jari kaki. Penyakit ini terasa gatal, kulit kemerahan, dan menular.

Untuk mengobati kurap kadas, bisa dengan memakai krim antijamur. Namun, ada baiknya meminta panduan dari dokter terkait jenis krim serta berapa lama penggunaannya.

5. Kudis

Kudis disebabkan oleh kutu kulit yang berada di lapisan kulit terluar sehingga memicu timbulnya semacam jerawat yang terasa gatal. 

Kutu ini dapat menular ke orang lain melalui kontak langsung, perantara baju, atau benda lainnya.

Pengobatan kudis mungkin memakan waktu sekitar 4 minggu atau lebih, dan direkomendasikan untuk dilakukan sekaligus pada pasien serupa atau orang yang tinggal serumah.

6. Bisul

Bisul bisa timbul di berbagai area kulit. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus dengan benjolan merah yang terasa sakit dan membesar begitu terbentuk nanah di dalamnya.

Pengobatan bisul bisa dilakukan di rumah, yakni mengompresnya dengan kain hangat. Jika bisul pecah, tutuplah dengan kain kasa untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi.

7. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit dengan gejala kulit bersisik, terasa kering dan kasar. Masalah ini kerap muncul di siku, lutut, leher kulit kepala. 

Pada beberapa orang, kondisi kulit dengan psoriasis juga menyebabkan rasa gatal. Dikarenakan penyakit autoimun, ini tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dilakukan regimen perawatan.

8. Panu

Panu berupa bercak di kulit yang terlihat rata dan berwarna lebih terang atau justru lebih gelap dari warna kulit. 

Jenis ini disebabkan oleh infeksi jamur. Meski tidak menular, bercak panu dapat melebar apabila terus-terusan didiamkan.

Panu seringkali terasa gatal dan bisa diobati di rumah dengan memakai krim antijamur yang dijual bebas di apotek. Jika panu cukup parah, dokter akan meresepkan obat untuk mengatasi penyakit kulit ini.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | XANDRA JUNIA INDRIASTI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)