Light Dark

Banyak Tempat Pelesir di Sukabumi, Ini 8 Ide Usaha Wisata yang Bisa Dicoba

Inspirasi | 05 Aug 2022, 17:46 WIB
Banyaknya tempat wisata di Sukabumi melahirkan banyak ide usaha terkait pariwisata yang bisa dilakukan | Instagram/@deimran16

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi dikenal memiliki banyak sekali tempat Wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari alam, budaya, sejarah bahkan kuliner.

Hal tersebut melahirkan banyak Ide Usaha terkait pariwisata yang bisa dilakukan, bahkan beberapa usaha bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar.


Advertisement

Melansir dari Tempo.co, saat ini, bisnis perjalanan lebih dari sekadar mendirikan agen seiring permintaan pasar, di mana pelanggan yang terus mencari pilihan yang lebih baik. Apalagi di tengah kebangkitan pariwisata setelah terpuruk karena pandemi Covid-19.

Baca Juga :

Melansir dari Small Business Trends, berikut sejumlah Ide Usaha perjalanan menguntungkan yang bisa Anda rintis.


Advertisement

photo(Ilustrasi) Usaha Penginapan - (Unplash Ibrahim Mushan)

1. Penyedia penginapan 

Jika ingin mengubah rumah menjadi lokasi bisnis, maka usaha ini adalah pilihan yang tepat. Untuk membuatnya populer di kalangan banyak pelancong, Anda harus menawarkan pengalaman yang benar-benar hebat sehingga membuat mereka merasa nyaman selama menginap, yang biasanya memiliki variasi dapur dan ruang terbuka.

Usaha ini biasanya dilengkapi dengan sekelompok anggota staf yang lebih akrab, yang terlibat dengan para tamu seolah-olah mereka adalah bagian dari rumah itu.

Tujuan pada akhirnya adalah untuk lebih dekat dengan para tamu, bukannya melakukan tugas-tugas untuk mereka secara steril. Terkait makanan, dalam bisnis ini sebagian besar disiapkan oleh pemilik rumah namun lebih informal dan berkualitas. 

2. Penyewaan kendaraan

Banyak wisatawan mengandalkan mobil untuk bisa lebih mudah berpergian. Penyewaan mobil adalah peluang usaha yang menjanjikan. Jika memiliki pengalaman dengan mobil dan perawatannya, bisnis ini sangat cocok untuk Anda.

3. Penyewaan Skuter

Banyak wisatawan sekarang yang lebih suka liburan dengan transportasi skuter, terutama saat cuaca bagus. Untuk dapat memulai bisnis ini, Anda harus memiliki setidaknya 3-4 skuter. Anda juga harus memiliki pengetahuan mendalam tentang skuter.

4. Jasa pemandu wisata

Ini adalah Ide Usaha yang ideal jika tidak memiliki modal awal untuk berinvestasi dalam bisnis. Agar usaha berhasil, Anda harus memiliki pengetahuan tentang lokasi tempat beroperasi. Anda juga harus menentukan lokasi yang dirasa menarik dan membuat banyak wisatawan berdatangan. 

5. Jasa fotografi 

Jika menjalankan usaha sendiri, maka memulai usaha fotografi adalah salah satu pilihan yang jelas. Sebagai fotografer perjalanan, Anda memiliki fleksibilitas dan kebebasan untuk bepergian, memotret, dan menghasilkan uang. Jika benar-benar berbakat, Anda dapat menghasilkan banyak uang melalui berbagai situs jual beli fotografi. 

6. Jasa penerjemah untuk wisatawan non lokal

Pilihan populer lain bagi yang ingin menjalankan bisnis secara mandiri adalah layanan penerjemahan. Bisnis ini sangat berguna ketika harus menghadapi orang yang berasal dari luar daerah. Kemampuan berkomunikasi secara lancar dengan lebih dari satu bahasa sangat berguna ketika berada di kota yang sibuk dan banyak dikunjungi wisatawan. 

7. Wisata medis 

Dalam beberapa tahun terakhir, Wisata medis sangat populer di berbagai belahan dunia. Selain ilmu kedokteran modern, banyak orang tertarik pada pilihan pengobatan tradisional holistik, di mana layanan kesehatan tersebut tak banyak dilakukan di wilayah lain. Anda tentu harus memiliki keahlian untuk dapat memulai bisnis yang menguntungkan ini. 

8. Wisata petualangan 

Wisata petualangan adalah bidang pariwisata yang memiliki risiko tertentu, seperti mendaki gunung, arung jeram, susur gua, dan menyelam. Umumnya, Anda harus mendapatkan pengalaman dan kredensial untuk memulai jenis bisnis ini.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran