Light Dark

Usai Bawa Persib U-16 Juara, Remaja Sukabumi Ini Bermimpi Main di Luar Negeri

Bola | 04 Aug 2022, 13:59 WIB
Muhammad Gaoshirowi (kostum biru) saat membela Persib U-16. Gaos adalah warga Kampung Babakan Cangklek RT 01/02 Desa Gegerbitung, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Menjadi top skor dan membawa Persib U-16 juara Nusantara Open 2022, menjadi prestasi membanggakan bagi Muhammad Gaoshirowi. Remaja kelahiran Sukabumi, 18 Januari 2006, ini merupakan anak bungsu 10 bersaudara pasangan Nanang Mustopa (60 tahun) dan Sopiah (58 tahun).

Gaos dan orang tuanya adalah warga Kampung Babakan Cangklek RT 01/02 Desa Gegerbitung, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. Kecintaan Gaos pada sepak bola telah muncul sejak kecil. Ketika mulai menimba ilmu di SDN Gegerbitung, membuat bakat Gaos mengolah kulit bundar semakin terlihat.


Advertisement

Gaos mengungkapkan saat duduk di bangku kelas II SD, dia bergabung dengan sekolah sepak bola atau SSB Mandiri Gerbi dan ikut dalam kompetisi Danone di Sukabumi. Selanjutnya Gaos bergabung dengan SSB Zeroosix Sukabumi dan mulai main di luar kota, salah satunya di Serang, Banten.

Menginjak kelas VI SD, Gaos bergabung ke Akademi Persib Cimahi dan melanjutkan pendidikan SMP dan SMA di Bandung. "Sejak SD suka main bola bareng anak-anak kampung. Kelas II SD mulai ikut ekskul bola dan diajak main antar sekolah," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga :

Perjalanan Gaos menekuni dunia sepak bola terus berlanjut. Hingga pada 2021, dia berhasil menembus tim Persib U-16 dan mengikuti Elite Pro Academy, sistem liga sepak bola kelompok usia yang dikelola, diselenggarakan, dan dikendalikan PSSI. "Alhamdulillah kemarin juga kita juara Nusantara Open 2022," katanya.


Advertisement

Tak berhenti di sini, Gaos bermimpi menjadi pemain internasional dan bisa bertanding atau memiliki tim di luar negeri. "Kami mendapat kesempatan latihan di luar negri, tapi belum dikasih tahu tempatnya di negara mana. Cita-cita saya juga ingin mempunya tim di luar negri dan menjadi pemain internasional," ujar dia.

Kesuksesan Persib U-16 di turnamen Nusantara Open 2022 semakin lengkap karena Gaos sukses menjadi top skor Piala Prabowo Subianto 2022 tersebut dengan mengemas 7 gol. Pada laga final, Maung Ngora (julukan Persib U-16) berhasil mengalahkan PSLS Lhokseumawe 2-0 di Stadion Pakansari, Bogor, Senin, 1 Agustus 2022.

Pada pertandingan tersebut Gaos menyumbang satu gol yang tercipta di menit 40+1, setelah gol pemecah kebuntuan yang dipersembahkan Athaya Zahran di menit 38.

Image

Riza

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur