Light Dark

Banyak Jalan Berlubang di Sukabumi, 5 Tips Berkendara Aman di Jalan yang Rusak

Mobil | 02 Aug 2022, 19:30 WIB
(Ilustrasi) Kondisi jalan rusak atau berlubang tak jarang kerap menyebabkan kecelakaan lalu lintas jika pengguna jalan kurang berhati-hati saat melewatinya | Pixabay odejacob

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi jalan di Sukabumi bermacam-macam, ada yang mulus, berbatu, bergelombang atau penuh dengan lubang bahkan kubangan.

Kondisi jalan tersebut tak jarang kerap menyebabkan kecelakaan lalu lintas jika pengguna jalan kurang berhati-hati saat melewatinya.


Advertisement

Karena itu, pengemudi harus selalu hati-hati dan menjaga konsentrasi saat berkendara. Melansir dari Suara.com, berikut  tips Berkendara di Jalan Rusak menurut  laman goodyear_indonesia.com berikut ini.

photo(Ilustrasi) Jalan berlubang - (Freepik)

1. Mengurangi kecepatan berkendara

Kondisi jalan yang tidak rata menyebabkan pengendara tidak nyaman, khususnya saat jalanan berlubang. Agar lebih aman, kurangi kecepatan Berkendara dan jangan injak rem terlalu kuat saat melewati lubang agar ban serta velg tidak terbentur.


Advertisement

Baca Juga :

2. Menjaga jarak aman kendaraan

Saat melewati jalanan yang cukup menguras energi, alangkagh lebih baik untuk jaga jarak dengan kendaraan lain. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari benturan antara kendaraan yang mungkin terjadi karena respons dadakan.

3. Menjaga konsentrasi

Bukan perkara mudah melewati jalanan yang rusak menunggangi kendaraan baik roda dua atau empat. Untuk mencegah kecelakaan, tetaplah fokus dan berkonsentrasi saat mengemudi untuk melihat jalanan dari jarak juah maupun jarak dekat.

4. Hati-hati dengan kedalaman lubang di jalan

Jika terpaksa harus melewati lubang, perhatikan kedalaman lubang dan bandingkan dengan ground clearance kendaraan.

Perhatikan kondisi lalu lintas sekitar dan keberadaan kendaraan lain saat memilih untuk melewati atau menghindari lubang.

5. Hindari gesekan dinding ban dan pinggiran lubang

Karena darurat dan harus melewati lubang pastikan telapak ban masuk secara merata dan tidak bergesek dengan pinggiran lubang.

Pun jika sudah terlanjur menghantam lubang secara keras, segeralah menepi dan periksa kondisi ban. Itulah tips aman Berkendara di jalan rusak. Semoga bermanfaat.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran