Light Dark

Dokter Ungkap Alasan Mengapa Stroke Juga Bisa Menyerang Anak Muda

Sehat | 01 Aug 2022, 18:35 WIB
Ilustrasi Dokter Ungkap Alasan Mengapa Stroke Juga Bisa Menyerang Anak Muda | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Selama ini, Stroke kerap kali dianggap sebagai penyakit yang menyerang kelompok usia tua, nyatanya padahal pemikiran tersebut salah.

Kenyataannya orang yang usianya dibawah 40 tahun atau Anak Muda juga bisa berisiko terkena Stroke karena berbagai alasan tertentu.


Advertisement

"Saat ini faktor risiko Stroke juga semakin bertambah banyak dengan berkembangnya gaya hidup. Mungkin dari makanan banyak junk food, bisa jadi juga karena kesibukan jadi kurang beraktivitas fisik, atau mungkin stres," jelas Dokter spesialis saraf dr. Winda Kusumadewi dalam siaran radio kesehatan Kementerian Kesehatan, Senin (1/8/2022) yang kami lansir dari suara.com.

photoIlustrasi Penderita Stroke - (Freepik)

Gaya hidup yang tidak sehat itu bisa memicu risiko Stroke makin cepat terjadi, terutama bagi orang yang memiliki faktor genetik, lanjut Dokter Winda.

Baca Juga :


Advertisement

Ia menjelaskan, faktor genetik tersebut biasanya berkaitan dengan adanya kelainan dalam pembuluh darah.

"Stroke usia muda bisa dipengaruhi kalau ada genetik, jadi ada kelainan pembuluh darah. Jadi Stroke itu kadang juga tidak terduga," ucapnya.

Faktor genetik memang tidak bisa diubah. Namun, Dokter Winda menekankan, bagi yang memiliki kelainan genetik tersebut masih bisa terhindar dari Stroke dengan lakukan pencegahan primer berupa penerapan pola hidup sehat.

Bukan hanya untuk orang yang memiliki faktor genetik, pencegahan primer juga perlu dilakukan oleh semua orang agar tidak alami penyakit stroke.

"Untuk pencegahan penyakit Stroke atau biasa kita sebut dengan pencegahan primer adalah agar tidak sampai terjadi stroke."

"Kita menerapkan pola hidup sehat, bisa dari lifestyle, olahraga, aktivitas fisik yang cukup, kemudian menjaga asupan makan, minum, istirahat yang cukup, dan bisa juga dilakukan skrining secara rutin," pesannya.

Penyakit Stroke terjadi akibat adanya gangguan di pembuluh darah, bisa terjadi penyumbatan maupun kebocoran.

Dokter Winda menjelaskan, apabila pembuluh darah tersumbat hingga sebabkan kerusakan saraf berarti pasien mengalami Stroke tipe iskemik.

Sedangkan pendarahan di pembuluh darah disebut dengan Stroke hemoragik. Kondisi itu terjadi akibat pembuluh darah pecah.

Selain tipe, gejala yang timbul juga pengobatan yang perlu dilakukan akan bergantung dari letak pembuluh darah yang mengalami gangguan.

"Tipe Stroke itu nantinya akan menentukan pengobatan apa, tindakan apa yang perlu dilakukan untuk mengobati stroke," ujarnya.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah