Light Dark

7 Tanda Kesehatan Mental Tidak Baik

Gaya Hidup | 25 Jul 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi 7 Tanda Kesehatan Mental Tidak Baik | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kesehatan Mental merupakan hal yang wajib diperhatikan oleh setiap orang, karena dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk, seperti menyakiti diri sendiri bahkan melakukan percobaan bunuh diri.

Oleh karena itu, ketahuilah beberapa tanda jika Kesehatan Mental kamu atau orang disekitarmu sedang bermasalah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Advertisement

Dan inilah tujuh tanda jika kondisi Mental mu atau orang disekitarmu tidak sehat yang wajib kamu ketahui yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Kehilangan Hobi dan Makna Hidup

Jika kamu mulai tidak merasa bahagia melakukan berbagai hobi yang biasanya kamu lakukan atau hal-hal kecil yang kamu suka bisa jadi gejala awal dari depresi.

2. Mudah Sekali Merasa Stress

Jika kamu mudah stres padahal tidak memiliki pekerjaan yang berat atau setiap kamu memikirkan pekerjaan dan kamu merasa terbebani juga bisa menjadi salah satu tanda jika kondisi Mental mu sedang terganggu.


Advertisement

3. Jam Tidur Menjadi Kacau

photoIlustrasi Jam Tiidur Tidak Teratur - (Freepik)

Jam tidur dan jam bangun selalu berubah-ubah juga dapat menjadi tanda-tanda jika kamu sedang merasa stres.

Cobalah mulai menerapkan kebiasaan bangun dan tidur di jam yang sama setiap harinya.

4. Selalu Merasa Lelah

Jika kamu mudah merasa lelah padahal jam tidur sudah cukup, makan mu sudah teratur hal tersebut pertanda jika kamu sedang mengalami stres jangka panjang.

Kondisi tersebut akan terasa seperti menaiki gunung yang tidak memiliki puncak, alias kamu merasa lelah padahal tidak berbuat apa-apa.

5. Khawatir Setiap Saat

Saat kamu bangun tidur dengan perasaan khawatir yang dapat menghantuimu sepanjang hari bisa menjadi salah satu tanda jika kondisi Mental sedang tidak baik-baik saja.

Khawatir yang berlebihan memiliki hubungan erat dengan Kesehatan Mental yang sangat buruk.

6. Sulit untuk Fokus

Jika kamu sedang merasakan kesulitan untuk fokus padahal pekerjaan kamu sedang menumpuk bisa juga menjadi gejala Kesehatan Mental terganggu. 

7. Melakukan Berbagai Kegiatan Impulsif

Kegiatan impulsif tersebut diantaranya, tidak bisa berhenti makan-makanan ringan (ngemil), berbelanja barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan, dan menonton seharian hingga menyebabkan kamu stres sendiri.

jika sudah seperti itu sebaiknya kamu harus cepat menggantikan hal tersebut.

Baca Juga :

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah