Light Dark

6 Tips Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik agar Lebih Produktif

Gaya Hidup | 24 May 2022, 07:00 WIB
(Ilustrasi) Dengan kesehatan mental serta fisik yang baik akan menjadikan orang lebih produktif dan bahagia dalam menjalani kehidupan | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi Mental dan Fisik yang sehat sangat diperlukan oleh setiap orang. Dengan kesehatan Mental serta Fisik yang baik akan menjadikan orang lebih produktif dan bahagia dalam menjalani kehidupan.

Sehingga banyak orang menginginkan Mental serta Fisik yang sehat. Lalu, bagaimana cara menjaga Kesehatan keduanya?


Advertisement

Mengutip dari Tempo.co, berikut cara untuk menjaga Kesehatan tubuh yang bisa dilakukan rutin selama tiga bulan.

Baca Juga :

1. Melakukan Meditasi

photo(Ilustrasi) Melakukan Meditasi untuk Kesehatan Mental dan Fisik - (Freepik)


Advertisement

Meditasi bisa menyeimbangkan sistem Kesehatan tubuh. Latihan meditasi 15-30 menit secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan tekanan darah, meredakan stres dan kecemasan, serta meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Meditasi tidak hanya berarti menutup mata tetapi juga melatih pernapasan. Meditasi berfokus melakukan sesuatu yang menenangkan pikiran.

2. Mengkonsumsi Makanan Mentah

photo(Ilustrasi) Sayur-sayuran. - (iStock)

Makanan adalah satu-satunya faktor terpenting yang dapat secara langsung mempengaruhi tingkat kesehatan. Pilih makanan alami seperti sayuran mentah, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kecambah.

Mereka kaya fitokimia, antioksidan, vitamin, mineral, dan nutrisi makro. Usahakan untuk makan setidaknya satu kali makanan mentah per hari. Ingat, tidak mungkin memiliki pikiran yang sehat jika tubuh tidak sehat.

3. Rutin Berolahraga

photo(Ilustrasi) olahraga ringan - (Pexels Enric Cruz López)

Menggerakkan tubuh atau berolahraga sangat penting untuk tetap bugar secara Fisik maupun mental. Namun, berolahraga bukan berarti menyiksa tubuh dengan melakukan olahraga berlebihan.

Anda dapat memasukkan olahraga dalam rutinitas harian dengan menaiki tangga, berjalan-jalan sambil berbicara melalui telepon, mengerjakan cucian seperti mengangkat keranjang cucian yang penuh pakaian karena dapat menjadi alat latihan lengan yang baik.

4. Tertawa yang Tulus

photo(Ilustrasi) Orang Tertawa - (Unplash.com)

Tertawa mungkin merupakan salah satu respons emosional paling dasar tetapi dampaknya terhadap kesehatan Mental dan Fisik sangat besar.

Tertawa yang tulus dan sederhana dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, stres, ketegangan, tekanan darah, dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami, membantu mengendalikan diabetes dan memberi energi pada pikiran dan tubuh.

5. Cukup Istirahat

photo(Ilustrasi) Tidur. - (Unplash Lux Graves)

Tidur nyenyak selama 6-8 jam menyegarkan pikiran, memperbaiki tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melepaskan stres, dan menunda proses penuaan kulit serta pikiran. Jadi, tidurlah dengan cara menuju tubuh dan pikiran yang sehat.

6. Selalu Berpikiran Positif

photo(Ilustrasi) Berbahagia - (Pixabay)

Ini dapat memberikan keajaiban bagi Kesehatan dan membunuh semua hal negatif di sekitar. Cara ini dapat meningkatkan usia hidup, melawan depresi dan stres, dan membantu kesejahteraan psikologis.

Untuk tetap sehat pikiran dan tubuh, Anda perlu bekerja secara teratur. Jadi, yang terbaik adalah menetapkan langkah-langkah kecil yang dapat ditambahkan dengan mudah ke dalam kehidupan sehari-hari.

Pikiran dan tubuh yang sehat adalah membuat pilihan yang tepat, seperti aktif, makan sehat, dan meningkatkan Kesehatan mental.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran