Light Dark

Ular Sanca 20 Kg di Atap Kamar Warga Cikole Kota Sukabumi, Berawal dari Berisik

Sukabumi | 07 Jul 2022, 19:03 WIB
Seekor ular sanca seberat kurang lebih 20 kilogram di rumah warga di Jalan RA Kosasih, tepatnya di Gang Inti Karya RT 04/07 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Kamis (7/7/2022). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor ular sanca seberat kurang lebih 20 kilogram dengan panjang 2,5 meter ditemukan di atap rumah warga di Jalan RA Kosasih, tepatnya di Gang Inti Karya RT 04/07 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Kamis (7/7/2022).

Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Kota Sukabumi, Sudrajat, mengatakan ditemukannya hewan melata tersebut berawal dari suara berisik yang terdengar dari atap rumah sejak Rabu malam, 6 Juli 2022. Setelah dicek, suara itu berasal dari ular sanca.


Advertisement

"Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pemilik rumah berinisiatif menghubungi damkar," kata Sudrajat kepada awak media.

Menerima laporan tersebut, Sudrajat mengatakan personel Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Kota Sukabumi langsung mendatangi lokasi dan mengevakuasi ular, mulai pukul 07.56 hingga 08.40 WIB. Selama evakuasi, petugas dalam kondisi aman dan selamat.

Baca Juga :


Advertisement

Kepala Seksi Pencegahan, Pemadaman, dan Penyelamatan Damkar Kota Sukabumi, Hendar Iskandar, mengatakan ular sanca tersebut saat ini ada di Mako Damkar Kota Sukabumi. Ular ini selanjutnya akan dilepas, namun masih menunggu arahan BKSDA Jawa Barat.

"Kita pelihara dulu di sini selama tiga minggu. Setelah kita report, nanti kita lepas. Biasanya ini agak repot karena tidak ada anggaran, mulai evakuasi sampai nanti rilis atau melepas kurang lebih kita mengeluarkan uang Rp 1,2 juta untuk ular jenis sanca," kata Hendar.

"Titik koordinat tempat dilepas ular itu ditentukan langsung BKSDA. Kita sampai jalan tiga jam ke hutan untuk melepaskan ular yang akan dirilis (bawa ularnya di ransel)," kata Hendar.

Image

Riza

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur