Kronologi Penemuan Kebun Ganja di Gunung Karuhun Perbatasan Sukabumi-Cianjur

Selasa 28 Juni 2022, 17:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan batang tanaman ganja disita pihak kepolisian dari areal hutan di Gunung Karuhun perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat, pada Selasa 28 Juni 2022. Tim gabungan Polres Sukabumi dan Polres Cianjur, menemukan keberadaan lahan tanaman ganja ini setelah sebelumnya mendapatkan laporan dari warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kebun ganja itu ditemukan warga pada Minggu 26 Juni 2022 dan langsung dilaporkan kepada Polsek Gegerbitung Polres Sukabumi.  "Benar kami kemarin dapat laporan adanya ladang ganja, karena polsek kita yang terdekat, setelah anggota melakukan pengecekan, ternyata memang tanaman tersebut merupakan tanaman ganja," ujar Kapolsek Gegerbitung Iptu Erman kepada sukabumiupdate.com, Selasa (28/6/2022).

Setelah memastikan ada tanaman ganja di lokasi yang dilaporkan oleh warga, Polsek Gegerbitung diperintahkan Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawangsa berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk secepatnya bergerak ke lokasi. "Hari ini kami membantu Satuan Narkoba Polres Cianjur menyisir lokasi dan menemukan ratusan tanaman ganja di Gunung Karuhun," tutur Kapolsek.

Polsek Gegerbitung dalam kasus ini hanya membantu, karena lokasi ladang ganja itu ternyata berada di Kampung Pasirleneng RT 03/04 Desa Cimenteng Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur. Lokasinya dekat dengan perbatasan Desa Sukamanah Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi.

photoKepolisian menemukan kebun ganja di wilayah Gunung Karuhun perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. - (google maps)</span

"Batasnya itu lembah di Gunung Karuhun. Lokasi temuannya masuk wilayah Kecamatan Cempaka Kabupaten Cianjur. Sehingga penyelidikannya akan dilakukan oleh Polres Cianjur," lanjut Iptu Erman.

Adapun tanaman ganja yang ditemukan oleh tim gabungan ini kurang lebih 300 batang, tersebar di antara pohon kopi, pisang dan kapol yang ada di lokasi tersebut. Disana juga ada gubuk tapi saat didatangi petugas kepolisian dalam keadaan kosong.

Baca Juga :

Kebun Ganja di Gunung Karuhun Perbatasan Sukabumi-Cianjur, Ini Penampakannya!

"Kamu menduga tanaman ganja ini berkisar usia 2 bulan dengan ketinggian rata-rata 1 meter. Bahkan ada juga yang siap panen.  Ditemukan tersebar di lahan perhutani seluas 4 hektar, ada sekitar 7 titik lokasi ladang ganja," beber Kapolsek Gegerbitung.

Saat ini seluruh barang bukti  tanaman ganja yang ditemukan dibawa ke Polsek Gegerbitung karena aksesnya lebih dekat dan mudah. "Untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan oleh penyidik dari Satnarkoba Polres Cianjur. Kasus ini ditangani oleh Polres Cianjur, sesuai lokasi temuannya ladang ganjanya," pungkas Erman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)