Light Dark

Akses Tiga Desa di Purabaya Sukabumi Batu dan Berlumpur, Begini Kata PU

Sukabumi | 28 Jun 2022, 09:14 WIB
Kerusakan jalan penghubung tiga desa di Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan penghubung tiga desa di Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, rusak parah. Kerusakan terjadi di Desa Purabaya, Margaluyu, dan Cicukang, Kecamatan Purabaya, hingga ke Desa Sindangraja, Kecamatan Curugkembar.

Jalan rusak membentang sepanjang 13 kilometer. Sebagian kerusakan berupa lubang besar. Saat musim hujan, lubang tersebut tergenang air. Selain itu, aspal sudah tidak terlihat, hanya tanah dan bebatuan. Hujan membuat bebatuan licin dan menimbulkan lumpur.


Advertisement

"Kalau musim hujan seperti ini kendaraan harus susah payah melintas. Banyak kendaraan yang selip," kata Hanhan, warga Desa Margaluyu kepada sukabumiupdate.com, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga :

Hanhan menyebut jalan kabupaten ini terakhir diperbaiki tahun 2015. Namun pada 2018 sudah mulai rusak dan hingga saat ini kondisinya cukup parah. Apalagi, kata Hanhan, banyaknya truk bermuatan kayu pinus diduga mengakibatkan beberapa titik amblas.

"Rusak parah di Kampung Bunut, Cibiru, dan Narogong Desa Margaluyu, tembus ke Kampung Muara Desa Purabaya," katanya. "Kerusakan ini sangat rawan kecelakaan. Apalagi saat melintas malam hari, karena minimnya lampu penerangan," tambah Hanhan.


Advertisement

Kepala UPTD PU Wilayah Jampangtengah Heru Setya Wasis mengatakan pihaknya sudah mengusulkan penanganan sejak 2021. Refocusing anggaran diperkirakan menjadi kendala perbaikan belum terealisasi. Baru-baru ini, UPTD juga sudah kembali survei.

"Mudah-mudahan tahun ini ada penanganan. Kalaupun tidak, semoga bisa dilaksanakan tahun 2023," kata Heru.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur