Light Dark

Warga Curugkembar Sukabumi Inisiatif Perbaiki Jembatan dan Jalan Rusak

Sukabumi | 26 Jun 2022, 20:01 WIB
Sejumlah warga Kampung Cibolang, Desa Curugkembar, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi, bergotong royong memperbaiki Jembatan Cikadu dan jalan kabupaten pada Ahad (26/6/2022). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga Kampung Cibolang, Desa Curugkembar, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi, bergotong royong memperbaiki Jembatan Cikadu dan jalan kabupaten ruas Curugkembar-Mekartanjung. Perbaikan pada Ahad (26/6/2022) dilakukan lantaran tak kunjung diperbaiki pemerintah.

Warga gotong-royong menggunakan dana pribadi atau swadaya masyarakat untuk memperbaiki akses penghubung Desa Curugkembar dengan Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, yang rusak karena dampak hujan pada Desember 2021. Hujan ini memicu aliran sungai yang deras sehingga menggerus jembatan tersebut.


Advertisement

Salah satu warga, Samsu, mengatakan sebelum ada penanganan dari dinas terkait dan agar tidak bertambah lebar kerusakannya, warga inisiatif memperbaiki. "Awal kejadian sekitar Desember 2021 saat musim hujan. TPT hingga cornya amblas setengah bahu jalan akibat tergerus air sungai," katanya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga :

Samsu menyebut jembatan dan jalan yang rusak membuat warga yang melewati jalan tersebut sering kesulitan. Kerja bakti warga pada Ahad ini adalah berupaya memperbaiki jembatan dan jalan menggunakan bahan baku berupa cor semen. Kata Samsu, kerusakan ini sudah disampaikan ke dinas terkait, namun belum ada penanganan.

"Warga yang datang menyumbang sesuai kemampuan. Yang punya tenaga dan keahlian, membantu pengerjaan. Sementara mereka yang punya uang, bertugas belanja semen dan pasir," ucap Samsu. "Kami berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan dan jalan tersebut, mengingat sangat diperlukan warga," katanya.


Advertisement

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur