Light Dark

Tarif Listrik Naik 1 Juli 2022, ini 5 Tips Hemat Listrik di Rumah

Gaya Hidup | 23 Jun 2022, 18:45 WIB
(Ilustrasi) Untuk menekan biaya pemakaian listrik, Anda perlu menghemat penggunaan listrik harian. | pln.co.id

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Energi dan Sumber Data Mineral akan menaikan Tarif Listrik mulai 1 Juli 2022 mendatang.

Tarif Listrik naik untuk pelanggan di atas 3.500 VA dan Pemerintah berdaya 6.600 VA hingga di atas 200 kVA. Untuk menekan biaya pemakaian listrik, Anda perlu menghemat penggunaan Listrik harian.


Advertisement

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan Listrik di rumah.

Baca Juga :

Melansir dari Tempo.co, berikut adalah tips untuk hemat Listrik di rumah, dikutip dari laman EBTKE ESDM.

photo(Ilustrasi) Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran rumah tangga, salah satunya yakni menghemat pemakaian listrik - (Unplash Patrick Schneider)


Advertisement

1. Mengatur jam kerja

Ketika Anda bekerja di rumah, Anda bisa mengatur target dan jam kerja Anda. Dengan mengatur target dan jam kerja, Anda bisa menggunakan perangkat elektronik dengan lebih terjadwal.

2. Pilih perangkat yang Hemat energi

Usahakan rumah Anda, menggunakan perangkat-perangkat yyang Hemat energi. Misalnya, untuk meneragi rumah, Anda bisa memilih lampu LED dibandingkan menggunakan lampu pijar. Hal ini karena lampu LED bisa menghemat energi minimal 14 persen.

3. Hindari penggunaan alat elektronik stand-by mode

Tanpa disadari, perangkat elektronik, seperti mesin cuci dan televisi berada dalam stand-by mode. Hal ini terjadi karena ketika tidak digunakan, perangkat tersebut tidak benar-benar dimatikan atau dicabut kabelnya. Padahal, dalam waktu yang lama, stand-by mode bisa menghabiskan energi yang lumayan besar.

4. Memanfaatkan sirkulasi udara alami

Anda bisa memanfaatkan sirkulas udara yang alami, alih-alih menggunakan AC. Namun, kalau Anda terpaksa membutuhkan pendingin ruangan dan ingin tetap hemat, Anda bisa menggunakan kipas angin.

5. Memanfaatkan pencahayaan alami

Ketika berada di dalam ruangan pada siang hari, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menerangi ruangan Anda.

SUMBER: TEMPO.CO/EIBEN HEIZIER

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran